PEKANBARU - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau menargetkan di tahun 2023 Lapas Bagansiapiapi yang ada di Kabupaten Rokan Hilir selesai.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto, Jumat (21/1/2022) mengatakan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bagansiapiapi merupakan Lapas terpadat di Indonesia, seharusnya Lapas tersebut berisi 98 orang, namun telah dihuni sekitar 800 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Pematangan tanah sudah selesai, dan di tahun 2022 ini akan dibangun tembok keliling, perkantoran, tambahan blok dan juga dapur," katanya.

Sementara itu Lapas Narkotika Pekanbaru yang ada di Kecamatan Rumbai juga sama, Kemenkumham Riau menargetkan di tahun 2023 seluruh pembangunan sudah rampung dikerjakan.

Pujo menerangkan untuk Lapas Narkotika Pekanbaru baru berfungsi satu blok, dan dengan adanya tambahan blok yang baru dia berharap nantinya bisa mengatasi over kapasitas yang ada di seluruh Riau.

"Over kapasitas per UPT itu beda-beda. ada yang 200, 300, 600, 800 bahkan di Bagansiapiapi over kapasitasnya mencapai 1.000 persen," tutupnya. ***