TANGERANG - Ivana Beatrice Liestio tercatat sebagai penyumbang medali emas kelima bagi Kontingen Wushu Indonesia pada kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022. Tampil di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, Rabu (7/12/2022), atlet Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara ini merebut medali emas Daoshu di kelompok junior A Putri dengan mengumpulkan 9,200 poin.

Ternyata Ivana, panggilan akrabnya, sebelum tampil mengalami kejadian tak terduga. Bahkan, dia sempat khawatir akibat pedang yang biasa digunakannya patah.

"Sebelum tanding, saya sempat kaget karena saat berlatih pedang patah. Jadi, saya terpaksa pinjam pedang Thalia (Red- Thalia Marvelina Tanzil). Tadinya, saya sempat khawatir karena menggunakan pedang baru butuh penyesuaian tetapi semuanya bisa teratasi dan saya bisa meraih emas," cerita Ivana yang ditemui usai acara pengalungan medali pemenang.

"Saya senang dan bangga. Medali emas ini buat keluarga dan seluruh rakyat Indonesia," tambahnya.

Pengakuan Ivana soal pedang pinjaman itu juga diakui Thalia. "Ya, pedangnya Ivana memang patah saat mau tampil jadi dia pinjam pedang saya," aku Thalia.

Sama halnya Thalia, Ivana masih belum puas dengan 1 medali emas. Dia mengincar medali emas Gunshu (Toya). "Mohon dukungan dan doanya. Saya akan berusaha mendapatkan emas dari Gunshu," tandas Ivana yang lahir di Jakarta, 21 Mei 2006. ***