PEKANBARU - Di masa pandemi Covid-19 ini, ada sebagian masyarakat yang diharuskan bekerja dari rumah dan ada juga yang masih bertugas di lapangan melayani masyarakat. Salah satunya seperti sosok enerjik H Syamsuar, sang Gubernur Riau yang selalu melayani masyarakatnya dengan semangat ini. Dan ternyata, semangatnya dalam keseharian ini tidak terlepas dari dukungan dan asupan makanan bergizi dan lezat yang disiapkan oleh sang istri, Misnarni Syamsuar.

Misnarni Syamsuar mengungkapkan, bahwa menu masakan yang menjadi favorit sang suami yang merupakan orang nomor satu di Riau ini, setidaknya ada tiga masakan. Ia sendiri membocorkan 'rahasia' ini saat melakukan demo memasak pada Senin (11/05/2020).

Yang mana, masakan kesukaan Gubernur Riau yang pertama adalah ikan saus tomat. Misnarni yang juga Ketua Tim Penggerak PKK ini pun memilih ikan senangin sebagai salah satu bahan utamanya. Ikan senangin merupakan salah satu ikan khas Riau, sehingga dapat dengan mudah didapat di pasaran. Ikan senangin digoreng, lalu dihidangkan dengan siraman saos tomat dan daun seledri.

Lalu, masakan kedua yang digemari Gubernur Riau adalah masakan yang hanya bisa ditemui pada saat helatan pernikahan adat Melayu, masakan khas Melayu ini dikenal dengan nama Pajri Nenas. Memasaknya pun membutuhkan trik khusus agar rasa terhidang lezat.

''Pajri Nenas merupakan makanan khas Melayu, kesukaan bapak (Syamsuar, red)," ucap Misnarni.

Kemudian, masakan ketiga yang disukai Gubernur Riau adalah tahu goreng sambel gula kelapa, hidangan gurih ini dapat juga dijadikan kudapan. Yang menjadikan tahu goreng ini nikmat adalah sambelnya yang pedas dipadu dengan manisnya gula kelapa.

Ibu tiga anak yang jago menjahit ini juga bisa memasak berbagai ragam masakan khas Melayu riau, sebut saja mie sagu lembab yang biasanya dimasak untuk disantap oleh seluruh staf kediaman Gubernur Riau.

''Hobi bu gubernur itu memasak dan menjahit. Bu Gubernur juga selalu memasak dan kami berkesempatan mencicipinya, cita rasa masakannya pun tak kalah sodap sama masakan restoran Melayu” ungkap salah satu staf kediaman.

Seperti yang diketahui, Misnarni Syamsuar yang mempunyai hobi memasak serta menjahit ini juga turut aktif di beberapa organisasi kewanitaan di Riau, diantaranya sebagai Ketua Dewan Penasihat Organisasi Perempuan Provinsi Riau, Penasihat DWP Provinsi Riau, Ketua TP PKK Provinsi Riau, Ketua Dekranasda Provinsi Riau serta Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Riau. (rls)