PEKANBARU - Sarno (64) tewas disambar petir saat istirahat di pondok kebunnya Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis ‎Kabupaten Bengkalis Riau, Senin (1/4/2019) sekitar pukul 06.30 Wib. Ketika itu Sarno hendak bercocok tanam jenis kacang dan berteduh karena hujan.

Kapolsek Bengkalis AKP Meitertika mengatakan, jenazah petani yang berdomisili di Jalan Wonosari Desa Wonosari itu ditemukan tetangganya sekitar pukul 07.15 Wib. ‎Saat itu petir besar terjadi 2 kali.

"Korban meninggal dunia diduga akibat tersambar petir, sekitar pukul  06.30 Wib memang terjadi dentuman keras suara petir di Desa Wonosari. Jasad korban ditemukan kondisi tiang pondok dalam keadaan pecah," ucap Meitertika.

Awalnya, Suryati (31), pada pukul 07.15 Wib keluar rumah untuk mengantar anaknya pergi ke sekolah. Saat itu terlihat korban sedang terbaring di pondok dengan posisi terlentang dengan kaki bergantung. 

"Melihat kondisi korban seperti itu, Suryati  langsung berlari menuju rumah korban yang berjarak lebih kurang 100 meter dari lokasi untuk memberitahu tetangga korban, Tofik dan istri korban," ucapnya.

Mendengar berita tersebut, Tofik langsung pergi ke pondok untuk melihat kondisi korban dan memanggil korban namun  tidak ada respon. Lalu Tofik memberitahukan kepada warga setempat, kemudian korban langsung dibawa ke rumah duka dan dilakukan pemeriksaan oleh mantri atau perawat.

"Dari keterangan perawat berbama Juli Triono, bahwa korban meninggal dunia lebih kurang 30 menit dengan kondisi luka bakar di bagian kepala," jelasnya.

Menurut keterangan anak korban Mustakim, dia diberitahu tetangganya bahwa ayahnya disambar petir. Kemudian Mustakin menuju ke lokasi dan melihat posisi ayahnya terbaring di lantai pondokan kebun dengan kondisi mengalami luka bakar di bagian kepala.

"Pihak keluarga korban sudah ikhlas terkait kematian korban, dan tidak melakukan visum atau otopsi ke rumah sakit," terangnya.

Petugas kepolisian dan perangkat desa setempat melakukan pengurusan jenazah korban. Lalu jenazah dikebumikan di makam muslim di Jalan Wonosari Barat Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis. (gs1