PEKANBARU - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Riau, Intsiawati Ayus mengaku dirinya sangat kehilangan atas kepergian tokoh perempuan di Riau yang juga Mantan Anggota DPD RI, Rosti Uli Purba.

Perempuan yang biasa disapa Iin ini mengungkapkan, sosok Rosti adalah sosok perempuan tauladan yang sangat baik, dan senang menolong orang tanpa memandang suku dan agama.

"Saya kenal dia orang baik, selalu menampung orang susah, hingga punya banyak anak angkat. Anak yang diangkat juga kadang anak sakit, misalnya sakit jantung dan sebagainya. Anak terakhir yang diangkat setahu saya itu anak dari Kupang, NTT," ujar Iin kepada GoRiau.com, Rabu (28/7/2021).

Menurut Iin, semasa hidupnya, waktu Rosti banyak dihabiskan untuk melakukan berbagai kegiatan sosial, yang mana salah satunya mengurusi anak-anak sakit yang kemudian dia angkat sebagai anaknya.

"Saya sangat hormat dengan beliau, beliau sosok yang penyayang. Ibu saya dan beliau juga pernah cerita, dulu saya dan adik saya sehabis mandi sore sering digendong dan diajak main, waktu itu kami sama-sama tinggal di Selat Panjang. Alhamdulillah, di periode 2014-2019 kami sama-sama duduk di DPD-RI," kenangnya.

Tak hanya sampai disana, meski sama-sama berstatus Anggota DPD RI, Rosti juga kerap mengajak Iin untuk turun bersama saat reses, dan Iin juga melakukan hal yang sama. Artinya, Rosti mengesampingkan kepentingan politik.

Untuk komunikasi terakhir, Iin mengenang, dia masih sempat berjumpa dengan Rosti saat perayaan Natal Tahun 2020 lalu, dimana Rosti sempat bercerita bahwa pohon natal di rumahnya sudah berumur dua tahun.

"Tanpa diminta, saya langsung belikan pohon natal, dan beliau happy," tuturnya.

Iin mengatakan, beberapa hari yang lalu dia mendapat kabar Rosti dalam kondisi sakit dan tengah dirawat di ruang ICU, namun saat itu belum diperbolehkan untuk menjenguk.

"Saya belum bisa besuk, dan kemudian saya dapat kabar meninggal. Kita kehilangan orang yang sangat tulus," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, DPD RI kehilangan salah satu mantan anggotanya. Kali ini Anggota DPD RI periode 2014-2019 dari Provinsi Riau, Rosti Uli Purba telah wafat pukul 01.22 di Rumah Sakit Syafira, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, rencananya Rosti akan dimakamkan di Pemakaman Umum (TPU) Kristen Tampan, Kota Pekanbaru, Riau besok Kamis tanggal 29 Juli 2021.

Rosti Uli Purba sendiri lahir di Pematang Siantar, tanggal 08 September 1953. Rosti terpilih sebagai anggota DPD RI untuk Provinsi Riau setelah berhasil mendapatkan 197.562 suara.

Sebelum bergabung dengan DPD RI, Rosti juga aktif sebagai anggota Dharma Wanita Unit Kehutanan dan Wakil Ketua Bidang Wiraswasta Yayasan Bhineka Tunggal Ika.

Selama menjadi anggota DPD RI, Rosti Uli Purba selalu memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat Provinsi Riau, salah satunya terkait isu perempuan dan kehutanan di Riau. Rosti sendiri pernah begabung di Komite II DPD RI, dan terakhir dirinya menjabat sebagai Anggota Komite III DPD RI. ***