KUALA LUMPUR - Upacara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (19/8/2017), sempat diwarnai beberapa insiden.

Salah satunya adalah batalnya para peserta devile menggunakan pakaian adat, dimana salah satu negara yakni Singapura, tidak membawa pakaian adat.

Insiden kedua, yakni ditemukannya bendera merah putih terbalik dalam buku panduan SEA Games. Dimana bendera Indonesia dicetak Putih-Merah.

Dan yang menariknya lagi, dalam pembukaan SEA Games Malaysia ini juga menyajikan cerita menarik. Saat pengenalan kontingen, tampak terdengar irama lagu yang sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Lagu tersebut terdengar saat peserta Laos dipekernalkan. Alunan musik yang mengiringi kontingen Laos tampak mirip dengan lagu tradisional dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Anak Kambing Saya.

Malaysia memang memiliki lagu yang iramanya sama dengan Anak Kambing Saya. Di Negeri Jiran, lagu ini dikenal dengan judul Chan Mali Chan. Tak hanya di Malaysia, lagu tersebut juga tenar di Singapura.

Sementara itu, SEA Games resmi dibuka Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V. Setelah itu diikuti pembacaan Sumpah Atlet oleh atlet lompat tinggi Malaysia, Nauraj Singh Randhawa.

Kontingen Malaysia sendiri merupakan negara yang paling banyak menghadirkan peserta pada pembukaan SEA Games 2017, sedangkan Timor Leste menjadi yang paling sedikit. ***