PEKANBARU, GORIAU.COM - Meskipun belum ada kepastian kapan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan - RB), namun Pemerintah Provinsi Riau sudah siap untuk melakukan perekrutan.

Sebanyak tujuh kabupaten kota yang akan rekrut CPNS sudah mengusulkan formasi berdasarkan analisis jabatan menandakan kesiapan Riau. Untuk Pemerintah Provinsi Riau sendiri, mengusulkan sebanyak 724 formasi. Formasi tersebut hanya untuk tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Selanjutnya Kabupaten Bengkalis mengusulkan sebanyak 3.000 formasi. Formasi tersebut didominasi tenaga guru, menyusul tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Sementara, Kabupaten Siak mengajukan 2.831 formasi terdiri dari 1.777 tenaga guru, 300 tenaga kesehatan dan 754 tenaga teknis.

Walau belum ada persetujuan formasi, sebelumnya Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sudah mengusulkan sebanyak 312 formasi. Formasi tersebut terdiri dari 171 orang tenaga pendidik, 72 tenaga teknis dan 69 tenaga kesehatan.

Sementara, Pemkab Pelalawan mengusulkan 1.307 orang pada awal Mei kemaren. Formasi tersebut terdiri dari 896 tenaga pendidik, 348 tenaga teknis dan 63 tenaga kesehatan.

Sedangkan Pemkab Kuantan Singingi mengusulkan 1.000 formasi ke Kemenpan-RB, yang terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan ditambah Honorer K2.

Berdasarkan Analisi Jabatan (Anjab), Pemkab Pelalawan mengusulkan 2.917 formasi. Dari jumlah tersebut 1.702 orang untuk tenaga kesehatan dan teknis. Sementara sisanya sebanyak 1.215 orang untuk tenaga pendidik.(san)