JAKARTA - Pengguna Jalan Kelurahan 1, Duren Sawit, Jakarta Timur digegerkan penemuan bayi yang dibuang oleh ibu kandungnya usai melahirkan.

Bayi mungil berjenis kelamin laki-laki itu ditemukan warga dalam kardus yang diletakkan di pinggir jalan.

Dituturkan Tarmunah, salah seorang penemu bayi tersebut. Bahwa sejak pagi sudah melihat kotak kardus tempat bayi tersebut tergeletak di pinggir jalan.

Namun, dia tidak terlalu menghiraukan karena sibuk berbelanja. "Saat belanja seperti ada suara kucing menangis, terus sama warga dilihat ternyata bayi,” kata Tarmunah, Rabu (24/1/2018).

Oleh warga, bayi yang masih lengkap dengan ari-ari itu dibawa ke salah satu rumah warga. Warga pun menyerahkan bayi ke Puskesmas Pondok Bambu. Serta melaporkan peritiwa temuan bayi ke Polsek Duren Sawit.

Saat ini, bayi dengan panjang 49 sentimeter dan berat 2,65 kilogram sudah dalam penanganan dokter puskesmas Pondok Bambu, Duren Sawit.

Kepala Puskesmas Ani Widiastuti mengatakan, bayi mungil tersebut sudah mendapatkan perawatan intensif di puskesmas lantaran kedinginan, sebelum ditemukan warga.

“Setelah dibersihkan oleh bidan kita, ternyata masih ada plasentanya, kira-kira bayi berusia tiga hari,” kata Ani di Puskesmas Pondok Bambu, Rabu (24/1/2018).

Menurut Ani, setelah dilakukan pemeriksaan, secara keseluruhan bayi dalam kondisi sehat. Untuk saat ini, bayi akan dirawat di puskesmas Pondok Bambu selagi menunggu kabar dari pihak kepolisian terkait orang tua bayi.***