RENGAT, GORIAU.COM - Sorak sorai ratusan narapidana (Napi) atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), terdengar lantang dari balik tembok Rutan pada saat acara panjat pinang antar warga binaan yang diselenggarakan pihak Rutan.

Begitu juga dengan dentuman musik organ tunggal ikut memeriahkan jalannya acara perayaan HUT ke-69 RI itu.

"Walau sekali dalam setahun, acara panjat pinang ini sangat menghibur kami. Biasanya acara seperti ini hanya bisa kami saksikan saat diluar penjara", sebut salan seorang penghuni rutan sebut saja Anton.

"Selain untuk hiburan para warga binaan penghuni Rutan Rengat, lomba panjat pinang ini adalah untuk memeriahkan perayaan HUT ke-69 RI", kata Kepala Rutan Gumilar Budi Rahayu, didampingi Kasi Pelayanan Tahanan, Rudinur, Senin sore (18/8/2014) di Pematang Reba.

Dikatakan Gumilar, acara ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Seperti tahun sebelumnya, ada 3 pohon pinang yang sudah berisi hadiah disiapkan panitia. Begitu pohon pinang ditegakan, para warga binaan antusias memanjat batang pinang yang sudah diberi mentega itu.

Selain panjat pinang, beberapa acara lain juga disediakan panitia, seperti lomba melawak, mengambil koin dengan gigi, joget heboh dan tarik tambang, sebutnya.

"Acara ini terselenggara atas kerjasama pihak Rutan dengan Pemkab Inhu. Selain untuk hiburan, acara ini tentunya menjadi ajang silaturahmi antar sesama warga binaan dan petugas Rutan", tambahnya.

Namun sebelumnya, terimakasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada Pemkab Inhu yang telah peduli dengan Rutan ini. Diharapkan hubungan baik ini kedepan akan terus terjalin dan bisa ditingkatkan, tutup Gumilar. (jef)