SELATPANJANG - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Selatpanjang akan akan melakukan pemadaman listrik secara menyeluruh, Rabu (13/4/2016) mulai pukul 08.00 WIB. Pemadaman total ini terpaksa dilakukan karena ada pengerjaan pengoperasian system PLTD sewa PT Mega Power dan konfigurasi sistim kelistrikan PLTD Selatpanjang.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala PLN Rayon Selatpanjang, Asmardi, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/4/2016) siang. Kata Asmardi, pengerjaan 4 unit mesin yang didatangkan dari Pakning beberapa waktu lalu telah selesai. Sehingga, daya sekitar 2 MW (dari empat unit mesin ini, red) akan dimasukkan ke dalam system.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, karena ada pengerjaan pengoperasian system PLTD sewa PT Mega Power dan konfigurasi sistim kelistrikan PLTD Selatpanjang," ujar Asmardi kepada GoRiau, Selasa siang.

Untuk pemadaman sendiri, Asmardi hanya mengatakan akan dimulai pukul 08.00 WIB. Sementara, lama waktu yang digunakan untuk pekerjaan ini, Asmardi belum bisa memastikan.

"Yang jelas kita usahakan secepatnya listrik sudah kembali menyala seperti biasa. Sehingga malam hari masyarakat tidak gelap-gelapan," tambahnya.

Kata Asmardi lagi, jika pekerjaan itu memberikan hasil yang maksimal akan menambah daya sebesar 2MW. Sehingga, PLN Rayon Selatpanjang memiliki daya sebesar 10,5 MW. Sebab, saat ini daya tersedia di PLN Rayon Selatpanjang sebesar lebih kurang 8,5 MW.

Daya sebesar 10,5 MW ini bisa membuat listrik di Rayon Selatpanjang surplus. Sebab, di hari biasa seperti saat ini, beban puncak hanya sekitar 9,8 hingga 9,9 MW.

"Saya berharap dukungan dan doa dari semua lapisan masyarakat agar pengerjaan sistim ini berjalan lancar. Kami juga sudah menginformasikan masalah ini melalui surat ke Dishubkominfo dengan tembusan ke sejumlah instansi yang ada di Meranti," kata Asmardi lagi. (**/zal)