JAKARTA - Indonesia berbagi gelar juara dengan Korea Selatan pada ajang The 5th Indonesia Soft Tennis Championships 2019 di lapangan tenis Klub Kelapa Gading Jakarta Utara, 14-17 Agustus 2019.

Skuad Negeri Ginseng itu menyabet tiga medali emas pada kelompok putra, baik tunggal maupun ganda serta ganda putri. Sedangkan tim Merah Putih yang dipersiapkan menghadapi SEA Games 2019 Filipina itu juga meraup tiga keeping emas dari nomor beregu, baik putra maupun putri serta tunggal putri.

“Keberhasilan tim putri memboyong dua gelar juara yakni tunggal dan beregu sangat menggembirakan. Kami makin optimistis mampu mendulang emas di SEA Games Filipina, Desember nanti,” tutur Hendri Susilo Pramono selaku Manajer Tim Pelatnas Soft Tenis Indonesia di arena turnamen, Sabtu (17/8/2019)..

Atlet pendatang baru, Happiness Beauty Heart (17 tahun) mencatat hasil gemilang dengan memenangi nomor tunggal putri. Ines, begitu dia karib disapa, sukses mengandaskan atlet senior di cabang olahraga yang berkembang dari Jepang ini, termasuk mengalahkan Voni Darlina di laga puncak dengan skor akhir 4-1.

Voni yang harus puas berkalung medali perak pun tak kalah mengkilap prestasinya dengan membekap dua andalan Korea Selatan, Han Subin dan Kim Hong Joo sebelum masuk partai pamungkas tunggal putri. “Memang, yang datang ke Jakarta ini bukanlah tim nasional Korea Selatan. Namun NKH Bank adalah salah satu klub terkemuka. Setengah dari skuad nasional Korsel berasal dari tim ini,” lanjut Hendri.

Di sektor putra, Daniel Fernando Sanger (23) harus mengakui keunggulan wakil Korsel, Yeong Seok Jo pada nomor tunggal. Di final, prajurit TNI AD itu kalah dengan skor akhir 0-4. Sedangkan duet Hemat Bakti Anugrah/Mario Haley Alibasa juga kandas di tangan pasangan Korsel, Yeong Seok Jo/Hyun Soo Kim 0-5.

“Kami yakin, tim putra Pelatnas Indonesia mampu mengambil banyak manfaat dari hasil turnamen ini agar mampu menjaga performa menuju SEA Games 2019 di Filipina,” imbuhnya.

Soft Tenis di ajang SEA Games 2019 akan menggelar tiga event, yakni tunggal dan ganda putri serta beregu putra yang terdiri dari satu partai tunggal dan dua laga ganda.

Hasil Lengkap, Sabtu (17/8/2019)

Tunggal Putri : Happiness Beauty Heart v Voni Darlina 4-1

Ganda Putri :  Kim Hong Joo/Han Subin (Korea Selatan) v Ana Deleyda/Septi Mende 5-1

Beregu Putri :  Indonesia A v Korea Selatan 2-1

Tunggal Putra : Yeong Seok Jo (Korea Selatan) v Fernando Daniel Sanger 4-0

Ganda Putra  :  Yeong Seok Jo/Hyun Soo Kim (Korea Selatan) v Hemat Bakti Anugrah/Mario Haley Alibasa 5-0

Beregu Putra : Indonesia A v Indonesia E 2-0. ***