PEKANBARU - Areal hutan lindung yang terletak berbatasan dengan perusahaan di Pulau Rupat, Kelurahan Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, terbakar, Selasa (7/1/2020). Titik koordinat lahan yang terbakar tersebut N 1°791485, E 101°478640.

Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto saat dikonfirmasi GoRiau.com, membenarkan adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulau Rupat tersebut.

"Informasi yang kami terima dari Kapolsek Rupat, luas lahan yangbterbakar lebih kurang sekitar 1 hektar (ha)," kata AKBP Sigit, Rabu (8/1/2020).

Saat ditanya apakah lahan yang terbakar masuk areal perusahaan, AKBP Sigit membantah. Dimana areal lahan yang terbakar tersebut berbatasan dengan areal dua perusahaan.

"Areal hutan lindung yang terbakar posisinya berbatasan atau koridor, dengan PT Priatama dan PT SRL (Sumatera Riang Lestari)," ungkap AKBP Sigit.

Saat ini pihaknya, sambung AKBP Sigit, bersama TNI dan Manggala Agni tengah melakukan upaya pendinginan di lokasi lahan yang terbakar tersebut.

"Untuk api sudah tidak ada lagi, hanya menyisakan asap tipis. Saat ini upaya pendinginan masih dilakukan," jelas AKBP Sigit, sekaligus mengingatkan warga untuk tidak membakar lahan saat membuka lahan. ***