PEKANBARU - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-100 yang dirangkaikan juga dengan HUT Satuan Pamong Praja (Satpol PP) ke-49 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-57 yang dipimpin oleh Mentri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahyo Kumolo berlangsung dengan meriah. Dengan tamu undangan dari berbagai daerah di Indonesia, perayaan yang digelar di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau ini disaksikan oleh ribuan orang termasuk para pejabat dan kepala daerah baik dari kabupaten lain di Provinsi Riau, maupun dari provinsi lain seperti Aceh dan Papua.

Salah satu acara dalam perayaan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas ini menampilkan skill competition yang mengundang decak kagum penontonnya. Berbagai atraksi pertunjukan terkait skill Damkar, Satpol PP, dan Linmas tetap menarik perhatian penonton dibawah terik matahari yang menyengat.

"Kami dari Papua sangat apresiasi sekali, persiapannya sangat baik dan ini contoh momentum nasional dan menjadi contoh bagi kami untuk merayakan HUT Satpol PP ditingkat provinsi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura. Tanggal 28 Maret 2019," ujar Kasatpol PP Provinsi Papua Esau Rumbiak, usai HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas, Rabu, (6/3/2019).

https://www.goriau.com/assets/imgbank/06032019/1jpg-7867.jpg

Apresiasi juga diutarakan oleh Kepala Dinas Damkar Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sudaryano R Lamongkona. Menurutnya perayaan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas tahun ini menunjukkan bahwa ketiga instansi tersebut telah menunjukkan kerja kerasnya untuk melakukan persiapan.

"Menurut saya luar biasa, teman - teman dari daerah benar - benar bekerja dan penampilan hati ini sangat bagus. Dan juga sangat istimewa, tahun ini Kemendagri sangat berupaya mendorong bagaimana agar kemandirian ketiga instansi ini bisa diwujudkan," jelasnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/06032019/2jpg-7866.jpg

" Karena selama ini Satpol PP gabung ke Damkar, Damkar juga gabung ke BPBD, ternyata ini terlihat tidak efektif dan untuk menciptakan organisasi yang profesional ketiganya perlu dipisahkan, dan ini disetujui dan didorong oleh Kemendagri," tuturnya.

Sementara itu, Mendagri menitipkan dua pesan kepada 3 instansi yang tengah berulang tahun hari ini. Dimana Tjahyo Kumolo mengharapkan Damkar, Satpol PP dan Linmas semakin optimal melayani kebutuhan masyarakat.

"Damkar ternyata usianya melebihi usia Negara RI sendiri, maka kita ingin Damkar, Satpol PP, dan Linmas secara optimal melayani masyarakat. Sekecil apapun kebutuhan masyarakat, Damkar, Satpol PP dan Linmas harus siap terjun semaksimal yang dia mampu lakukan," ujar Tjahyo.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/06032019/3jpg-7865.jpg

"Kemudian, untuk mensukseskan Pemilu Damkar, Satpol PP, dan Linmas harus bersinergi dengan Polres dan Polda setempat, baik menjaga TPS, KPU dan sebagainya. Jadi kedepannya, fungsi melayani masyarakat bukan hanya sebatas aspek perizinan tetapi juga aspek regulasi," pesannya.

Adapun Walikota Pekanbaru Firdaus juga tampak senang menikmati acara - acara yang disuguhkan dalam peringatan HUT Damkar, Satpol PP, dan Linmas tersebut. Firdaus juga mengucapkan selamat kepada ketiga instansi tersebut dan berharap agar kedepan, pelayanan di masing - masing instansi ini semakin meningkat seiring usia yang telah bertambah.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/06032019/4jpg-7864.jpg

"Kita sama - sama mengucapkan selamat ulang tahun kepada Damkar yang ke-100, Satpol PP ke-49 dan Linmas yang ke-57. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan semua sudah bekerja keras untuk menyiapkan yang terbaik hari ini, maka itu pula kita berdoa, mengharapkan semakin kedepan nantinya pelayanan kita kepada masyarakat di Damkar, Satpol PP dan Linmas juga semakin baik dan lebih maksimal," pungkas Firdaus. (advertorial)