MOSKOW -- Anton dan Nina Bogdanov, pasangan suami istri (pasutri) asal Rusia, terpaksa bertahan di atas pohon selama 10 hari untuk menghindari terkaman beruang.

Saat ditemukan tim SAR, Anton dan Nina Bogdanov dalam kondisi lemas lantaran kekurangan asupan makanan.

Dikutip dari Inews.id yang melansir The Sun, peristiwa itu bermula ketika Anton dan Nina sedang berkeliling di hutan Banniye Springs, mobil SUV yang mereka gunakan terjebak di kubangan lumpur. Mereka hanya ingin menghabiskan waktu semalam di tempat itu.

Pasutri tersebut terpaksa tinggal di dalam mobil satu malam sebelum berjalan kaki keesokan harinya ke lokasi wisata untuk meminta bantuan.

Sadar daerah itu banyak beruang, mereka meninggalkan pesan di kaca mobil berisi informasi sedang pergi ke tempat wisata untuk meminta bantuan.

Benar saja, dalam perjalanan seekor beruang dewasa mengikuti mereka.

''Beruang itu berjalan di belakang. Kami tidak langsung melihatnya, dia benar-benar senyap. Suami saya merupakan yang pertama melihat predator itu. Awalnya kami menakuti-nakuti beruang itu dan dia pergi. Tapi kemudian mengejar kami,'' kata Nina, dikutip dari The Sun, Sabtu (17/7/2021).

Mereka berlari menuruni lereng menuju sungai lalu memanjat pohon.

''Beruang itu hampir membunuh suamiku. Saya melempar botol air ke hewan itu untuk mengalihkan perhatian dan Anton berhasil memanjat pohon,'' tuturnya.

Tidak menyerah, beruang itu ikut naik pohon, merayap dari dahan ke dahan. Namun berhasil dihalau dengan barang seadanya hingga kembali ke bawah.

Setelah itu, ternyata beruang tak pergi, dia menunggu di bawah dan berlangsung selama 2 hari. Untuk mengantisipasi serangan mereka bergantian tidur.

''Kami menyadari tidak punya tenaga untuk tetap di pohon, tanpa makanan atau air. Tapi beruang itu tidak juga meninggalkan kami,'' katanya.

Setelah 2 hari, beruang itu pindah sehingga mereka bisa turun dan lari ke sungai. Namun entah sebagai taktik atau bukan, beruang itu muncul lagi mengejar pasutri ke sungai.

Nina bahkan nyaris tenggelam karena panik, namun ditolong suami. Mereka berhasil menyeberangi sungai untuk memanjat pohon kembali untuk menghindari beruang.

''Kami berada di sana 2 hari lagi,'' ujar Nina.

Setelah 2 hari mereka seperti main kucing-kucingan, kembali memanjat pohon saat beruang mendekat lalu berlari kembali ke arah mobil. Itu berlangsung selama 10 hari.

''Begitu sampai mobil, kami mendengar suara kendaraan mendekat. Saya mulai menangis bahagia melihat mobil-mobil itu,'' ujarnya.

Mobil tersebut merupakan tim SAR yang mencari mereka setelah dilaporkan hilang oleh anggota keluarga.***