JAKARTA - Banyak korban berjatuhan terkait demonstrasi mahasiswa dan pelajar di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2019) yang berujung rusuh.

Rumah Sakit Angkatan Laut Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat merupakan salah satu rumah sakit yang menampung korban dari kalangan demonstran.

Di RSAL Mintohardjo, ambulans terlihat masih hilir-mudik mengantar korban ke Instalasi Gawat Darurat (IGD). Mereka langsung ditangani tim medis untuk mendapatkan perawatan.

Kondisi korban beragam. Ada yang dalam keadaan sadar, ada juga yang tidak sadar saat dikeluarkan dari ambulans.

Selain dibawa ambulans, ada juga korban yang dibawa dengan dibonceng oleh rekannya menggunakan motor. Kebanyakan di antaranya merupakan mahasiswa dan pelajar.

Menurut salah satu petugas, korban yang ditangani RSAL Mintohardjo tidak hanya berasal dari massa aksi. Kepolisian disebutnya juga menjadi korban.

"Banyak dari tadi sudah bolak-balik. Pelajar banyak emang, tapi polisi juga ada," kata petugas yang enggan disebutkan identitasnya di lokasi.

Menurut salah satu peserta aksi dari Institut Ilmu Sosial Politik (IISIP) di lokasi, lebih dari 20 kali ambulans hilir mudik mengantar korban. Ia juga sedang mengantar temannya ke RS karena menjadi korban kerusuhan.

"Ada sekitar 20 kali, lebih malah. Ambulans nganter langsung jalan lagi," pungkasnya.***