PANGKALANKERINCI - Suasana Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 terasa berbeda dibanding tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih menerpa, jumlah peserta kurban di lingkungan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pacific Rayon (APR) meningkat signifikan.

Ribuan karyawan dan keluarga terlihat khusyuk dan mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan sholat ied yang digelar di empat masjid di Riau Kompleks, Jumat (31/7/2020), Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Dalam sambutannya Direktur RAPP, Mhd Ali Shabri mengatakan jumlah peserta kurban terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

''Hal ini sangat membantu dan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan masyarakat, karena daging kurban tersebut kita bagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan,'' kata Ali.

Ditambah lagi, perusahaan juga menyerahkan bantuan hewan kurban sebanyak 19 ekor sapi dan 35 ekor kambing kepada masyarakat di desa-desa sekitar.

Ketua Ikatan Muslim Riau Andalan (IMRA), Zulkifli mengatakan jumlah hewan kurban tahun ini sebanyak 108 ekor sapi dan 15 ekor kambing atau meningkat sebesar 18 persen dari tahun 2019 lalu.

''Alhamdulillah, target kita tercapai tahun ini dan semoga kesadaran serta partisipasi warga Riau Kompleks semakin meningkat di tahun depan,'' ujar Zulkifli.

Zulkifli merincikan jumlah hewan kurban di masing-masing masjid di Riau Kompleks antara lain Masjid At-Taqwa di Townsite 1 sebanyak 47 sapi dan 6 kambing, Masjid Al-Muhajirin di Bumi Lago Indah (BLI) dan Rukan sebanyak 19 sapi dan 3 kambing, Masjid Al-Mubarak Townsite 2 lama sebanyak 17 sapi dan 4 kambing, Masjid Nurul Mubarak Townsite 2 Baru sebanyak 25 sapi dan 2 kambing. Total daging kurban yang terhimpun sebanyak 8.926 kantong.

''Banyak faktor terjadinya kenaikan jumlah peserta kurban tahun ini, antara lain IMRA menggiatkan pengajian rutin bertemakan keutamaan berkurban dan sedekah, proaktif mendata peserta kurban,'' jelasnya.

Ribuan daging kurban tersebut, selain diserahkan kepada peserta kurban, juga dibagikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin, serta panti asuhan yang ada di sekitar Pangkalan Kerinci. Selain itu, daging kurban juga dikirim ke sejumlah desa di antaranya Desa Sering, Kiyap Jaya, Lalang kabung, Sikijang, Kuala Terusan, Kerinci Kota, Kerinci Timur, Kerinci Barat, SP6, dan SP8.

''Hikmah di tengah pandemi ini, semoga dengan berkurban doa kita diijabah oleh Allah SWT sehingga virus COVID-19 dapat segera lenyap dari muka Bumi,'' pungkasnya. (rls)