PEKANBARU – Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru telah mengusulkan sejumlah nama untuk mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Daerah di Provinsi Riau. Salah satu dari nama yang diusulkan, yaitu Mantan Wali Kota Pekanbaru, Almarhum Herman Abdullah telah diberikan gelar Pahlawan Daerah di agenda sidang HUT Ke-65 Provinsi Riau pada Paripurna DPRD Riau, Selasa (9/8/2022) lalu.

Ketua Tim TP2GD Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengatakan, masih ada sejumlah nama tokoh yang akan diusulkan sebagai Pahlawan Daerah. Diantaranya Imam Muhammad Tahir dan Hasan bin Kasim. Menurutnya, saat ini timnya sedang melakukan persiapan terkait pengusulan tokoh-tokoh tersebut.

"Alhamdulillah. Untuk pengusulan para tokoh yang lain, akan kita rapatkan lagi tahun depan. Kita lakukan persiapan dan seleksi lebih dulu, saat ini," ujarnya, Kamis (11/8/2022).

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemko Pekanbaru melalui TP2GD Kota Pekanbaru telah mengusulkan sejumlah tokoh untuk menjadi Pahlawan Nasional dan Pahlawan Daerah. Tokoh yang diusulkan sebagai Pahlawan Nasional adalah Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah.

Nama Marhum Pekan dikenal sebagai salah satu tokoh pendiri Kota Pekanbaru dan jasa-jasa besarnya semasa hidup. Berkas-berkas pengusulannya kini sudah dilengkapi dan diserahkan kepada Kementerian Sosial.

"Kita tinggal menunggu keputusan saja dari pusat. Kemungkinan, untuk gelar pahlawan nasional akan diumumkan saat Hari Pahlawan atau 10 November mendatang," pungkasnya. ***