BENGKALIS-Memastikan kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja usai libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor, Senin (9/5/2022).

Bupati Bengkalis, Kasmarni sidak di Kecamatan Pinggir, Mandau dan Bathin Solapan.  Sidak tersebut dilakukan untuk mengetahui lebih dekat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat setelah libur panjang Idul Fitri.

Adapun titik pertama yang ditinjau Bupati Kasmarni adalah Kantor Camat Pinggir, RSUD Mandau, Kantor Camat Mandau, Kantor UPT Capil Mandau dan Kantor Camat Bathin Solapan.

GoRiau Wakil Bupati Bengkalis Bagus S
Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Bustami sidak ke sejumlah perangkat daerah, Senin (9/5/2022).

Inspeksi mendadak dilakukan Bupati Bengkalis guna melihat tingkat kehadiran pegawai baik ASN maupun tenaga sukarela sekaligus ingin memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat disetiap perangkat daerah berjalan baik serta normal.

Saat kunjungan pada beberapa tempat tersebut, Bupati langsung mengambil absen dan melihat daftar hadir pegawai. "Kalau ada yang tidak hadir hari ini tanpa keterangan, langsung buatkan surat peringatan saja. Kita sudah diberikan kesempatan libur selama lebih kurang 7 hari, seharusnya sudah cukup," tegas Bupati.

Bupati juga berpesan kepada setiap ASN untuk bekerja dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. "Kita adalah pelayan masyarakat jadi harus jadi contoh yang baik. Teruslah berinovasi, tingkatkan kreativitas dan tetap jaga kekompakan, dan yang terpenting, berikan pelayanan prima, karena pelayanan yang mudah, murah, responsive dan akuntabel adalah dambaan masyarakat serta menjadi misi kita menuju Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera," katanya.

Ikut mendampingi Bupati , Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintah Toharuddin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis Heri Indra Putra, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bengkalis Ardiansyah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis Hendrik Dwi Yatmoko, Inspektur Radius Akima, Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bengkalis Hengki Kurniawan, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Kevin Rafizariandi, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Bengkalis Syafrizal. 

Sementara Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Bustami sidak ke sejumlah perangkat daerah. Sidak pertama di Dinas PMPTSP Bengkalis, Dinas Pendidikan, Dinas PPUR, DLH, Dinas Kesehatan, Disdukcapil, BPKAD, Dinas Perikanan, RUSD, Desa Senggoro, Pelabuhan Roro Air Putih, Kantor Camat Bengkalis dan terakhir di Pukesmas Bengkalis.

Menurut Wakil Bupati Bagus Santoso, kegiatan Sidak ini merupakan ajang silaturahim juga sekaligus pemantauan langsung kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja usai libur hari raya Idul Fitri 1443 H. Selain itu juga menjalankan perintah Bupati Bengkalis Kasmarni untuk melakukan sidak disetiap kantor, badan, dinas, camat hingga kantor desa, kemudian hasil Sidak ini nanti akan disampaikan kepada bupati.

“Alhamdulillah tahun ini kita semua dapat menyambut hari raya bersama keluarga kita semua, bisa mudik, lihat festival lampu colok dan rombongan, sudah sepantasnya kita wajib bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat dan keberkahannya. Kami juga bangga kepada semua ASN dan honorer di lingkup Bengkalis pada hari pertama masuk kerja sudah hampir semuanya hadir, artinya kita semua sudah tahu atas kewajiban dan tugas kita melayani masyarakat,” tutur Wabup.

Di sela-sela sidak, Bagus mengingatkan kepada seluruh ASN dan staf untuk melaksanakan pekerjaan seperti biasa usai libur lebaran dan mengharapkan agar pelayanan dapat berjalan optimal terutama pada pelayanan publik.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh petugas yang terus bekerja selama lebaran, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan dinas lainnya, semoga ini menjadi amal ibadah kita semua,” ucap Bagus.

Ditambahkan Sekda Bustami HY, sidak hari ini bertujuan untuk memastikan para ASN Kabupaten Bengkalis sudah masuk kerja pasca libur lebaran.

“Kita ingin memastikan kehadiran para ASN, kita absenkan kehadiran ASN dan tenaga honorer kita satu persatu karena hasil ini kita akan laporkan kepada Bupati Bengkalis Kasmarni,” kata Sekda.

Sekda juga mengingatkan kepada kesuruh ASN di lingkup Kabupaten Bengkalis agar berpakaian lengkap ketika masuk kantor, seperti memakai bed nama, peci dan atribut lainnya. Turut mendampingi Wakil Bupati Bengkalis, Asisten I Andres Wasono, Asisten III Aulia, Sekretaris Diskominfotik Bengkalis Adi Sutrisno, Sekretaris Inspektur dan Sekretaris BKPP.***