PEKANBARU, GORIAU.COM - Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) bus Trans Metro Pekanbaru akan menghentikan operasional selama satu hari pertama lebaran Idul Fitri 1436 hijriah yang berlangsung pada Jumat (17/7/2015), guna memberikan kesempatan kepada petugas dan supir untuk berkumpul bersama keluarga. Bus kembali akan beroperasi pada hari berikutnya untuk melayani penumpang.


Direktur PD Pembangunan Heri Susanto selaku pengelola Trans Metro Pekanbaru mengatakan, pada hari pertama lebaran diperkirakan peminat angkutan massal ini juga berkurang, dikarenakan masyarakat yang sedang berpergian keluar kota.


"Biasanya kalau hari pertama itu sepi, makanya kita tidak akan oprasionalkan bus TMP itu," kata Heri Susanto di Pekanbaru.


Dia menambahkan, untuk hari kedua lebaran, PD Pembangunan akan kembali mengoperasikan bus TMP dengan jadwal operasional bus tidak berjalan penuh seperti biasa.


"Hari kedua lebaran, kami beroperasi mulai dari pukul 11.00 sampai pukul 18.00. Operasional bus TMP akan kembali normal seperti biasa pada hari ketiga lebaran," jelasnya.


Sementara untuk jumlah armada, dipastikan tidak ada pengurangan, begitu juga dengan rute yang akan dilayani bus juga masih tetap seperti biasa.


Sebelumnya Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT memastikan selama libur lebaran nanti bus TMP tetap akan beroperasi. Bahkan dia telah meminta pengelola bus TMP agar tetap melayani masyarakat selama libur lebaran.


Sebab, saat libur lebaran masih banyak warga Pekanbaru yang membutuhkan kendaraan umum. Bukan hanya warga Pekanbaru, namun bagi warga pendatang juga harus bisa terlayani dengan baik, meskipun dalam suasana libur lebaran.


"Kalau bisa malah dimaksimalkan lagi, untuk masyarakat pergi berlebaran," pinta Walikota.(rul)