PEKANBARU – Hari pertama kerja setelah libur Idul Fitri 1443 Hijriah, banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov Riau yang terlambat, sampai tertahan di luar pagar.

Pantauan GoRiau, Senin (9/5/2022) pagi, sekitar jam 07.40 WIB, tampak ratusan ASN Pemprov Riau melakukan apel pagi perdana setelah libur Idul Fitri, sekaligus Halal Bihalal di halaman Kantor Gubernur Riau.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution. Tampak Wagubri memberikan arahan kepada ASN yang mengikuti apel pagi itu.

Disisi lain, terlihat juga puluhan ASN yang terkurung diluar pagar. Para ASN itu dilarang masuk untuk mengikuti apel karena terlambat datang di hari pertama.

Mereka tampak melihat-lihat ke dalam Kantor Gubernur, ada juga yang jongkok-jongkok sambil menghisap sebatang rokok. Puluhan ASN itu juga terlihat malu-malu saat difoto.

Salah satu petugas Satpol PP di Kantor Gubernur Riau mengatakan, pihaknya hanya menjalankan perintah atasan, untuk menutup pagar setelah waktu yang ditentukan.

“Kita melaksanakan tugas saja. Ini juga agar ASN tertib dalam pelaksanaan apel,” kata petugas Satpol PP itu kepada GoRiau.

Sementara masyarakat bernama Andi, yang melintas ketika dimintai pendapat terkait ASN yang dikunci diluar pagar itu mengatakan, mengingatkan dirinya saat duduk di kursi Sekolah Dasar dahulu.

“Itu mirip saya waktu SD dulu. Kalau terlambat upacara kena kurung di luar pagar. Lucu juga melihatnya,” ujar Andi sambil senyum-senyum. ***