SIAK SRI INDRAPURA- Masyarakat Siak yang belum terjangkau Listrik PLN pasti akan merasakan untungnya memakai Lentera atau Lampu Listrik Mandiri Rakyat yang diciptakan oleh Ujang Koswara.

Bagaimana tidak untung, jika sebelumnya warga harus merogoh kocek yang dalam untuk membeli minyak tanah, kini cukup bayar Rp 3000 perbulan sudah bisa menikmati lentera.

"5 lampu lentera yang hidup setiap malam selama 30 hari itu cukup dengan daya baterai atau Accu. Bila sudah soak, bisa diisi lagi di kantor Desa masing-masing. Karena kordinatornya nanti langsung kepala Desa," kata Kang Ujang.

Lampu lentera yang sangat praktis ini bisa tahan hingga 10 tahun ke depan, asalkan cara penggunaannya tepat. Untuk itu, masyarakat serta babinsa di masing-masing kampung harus tahi bagaimana penggunaan yang benar.

Dalam kesempatan Sosialisasi Program Pemasangan Lampu Lentera kepada Keluarga Kurang Mampu yang dilaksanakan di Gedung Tengku Mahratu, Rabu(26/7/2017) ini, terlihat hadir Wakil Bupati Siak, Alfedri dan Dandim 0303 Bengkalis Rizal Faisal Helmi.

Dandim dalam kesempatan itu juga berharap pelatihan yang dilaksanakan dapat memberikan ilmu pengetahuan dan kemampuan bagi semua yang hadir terdiri dari Camat, Kepala Kampung dan Babinsa, khususnya para Babinsa untuk pemberdayaan hemat energi melalui penemuannya langsung.

Selanjutnya ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan di satuan dan dikembangkan kepada masyarakat di desa binaannya masing masing. Mari semuanya yang terlibat untuk menyamakan visi untuk niat membantu masyarakat yang tidak belum adanya penerangan lampu.

"Yang penting masyarakat terbantu, dan sejahtera. Mari kita bahu membahu dan saling membantu, mari kita membangun Kabupaten Siak ini dengan apa yang kita bisa dan peran apa yang kita bisa, sesuai berperan dengan tugas dan tanggung jawab masing masing yang selaras," ucap Dandim. ***