JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Muhammad Hanif Dhakiri mengharapkan atlet Indonesia yang memperkuat Kontingen Indonesia bisa mengharumkan nama bangsa dan negara pada ajang World Beach Games I yang digelar di Doha, Qatar, 12-17 Oktober 2019.

"World Beach Games menjadi momentum sebuah bangsa untuk menunjukkan prestasi pada cabang olahraga pantai dunia. Dan, saya berharap ada atlet Indonesia yang mampu mengibarkan Merah Putih," kata Muhammad Hanif Dhakiri saat melepas Kontingen Indonesia untuk World Beach Games di Wisma Kemenpora Jakarta, Selasa,. 8 Oktober 2019. 

Selain mengibarkan Merah Putih, Hanif Dhakiri meminta delegasi Kontingen Indonesia bisa mensosialisasikan keinginan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. "Jangan lupa delegasi Kontingen Indonesia ikut mensosialisasikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," ujarnya. 

Memang persaingan di World Beach Games 2019 cukup ketat. Namun, kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KIOI), Erick Thohir semua itu bisa diwujudkan dengan perjuangan dan keyakinan. "Tidak ada yang berat jika memang punya keyakinan untuk meraih medali emas," kata Erick Thohir yang mengukuhkan Kontingen Indonesia. 

Sama halnya dengan Hanif Dhakiri, Erick juga menginginkan Indonesia mencetak sejarah pada penyelenggaraan World Beach Games I.  "Karena World Beach Games ini pertama kali dilaksanakan jadi kita harus bisa mencetak sejarah," ujarnya. 

Ketika disinggung target medali, Erick Thohir menyebut satu medali emas. Dan, dia berharap karateka putri Indonesia, Nawar Kautsar Mastura bisa mewujudkannya. 'Peluang Indonesia ada di cabang olahraga karate putri, Nawar Kautsar Mastura," kata Erick yang meminta maaf kepda seluruh atlet, dan masyarakat  olahraga jika ada kekurangan saat memimpin KOI. 

Sebelumnya, Nawar menyatakan keinginannya untuk memberikan yang terbaik bagi Kontingen Indonesia di Wrold Beach Games I. "Saya akan berusaha untuk memberikan yang terbaik pada penampilan nanti," tegasmya. 

Kontingen Indonesia

World Beach Games I akan mempertandingkan 14 cabang olahraga. Yakni, Aquathlon, 3x3 Basket, Climbing Boulring, Beach Hanball, Karate (kata individu), Kitefoil Racing, Skateboard, Beachsoccer, Open Water 5 Km, Beachtennis, Beach volley 4 x 4, Water Ski, Wakeboard, dan Beachwrestling. Indonesia akan mengikuti tiga cabang olahraga yakni Basket 3x3 putri, karete nomor kata perorangan putra dan putri dan bola voli 4x4 putra. 

Kontingen Indonesia : 

Chef de Mission : Hellen Sarita Delima 

1 Basketball 3 x 3 Putri : 

Atlet : Jovita Elizabeth, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Dyah Lestari dan Faizzatus Shoimah 

Pelatih : Anthony Gunawan

2 Karate 

Atlet - Nawar Kautsar Mastura dan Ahmad Zigi Zaresta Yuda 

Pelatih :  Abdullah Kadir Team 

3. Beach Volleyball 4 x 4 Putra

Atlet : Tio Kesuma Sentosa, Rendy Ferdian Ricardo, I Ketut Ardana, Yossi Ariel Firnanda, Gunawan Dewantoro, dan Yogie Hermawan. 

Pelatih Kepala : Slamet Mulyanto 

Pelatih : Bambang. ***