PEKANBARU – Aktifitas arus mudik di Pelabuhan Sungai Duku, Kota Pekanbaru sudah mulai terlihat di H-9 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pantauan GoRiau.com, Jumat (22/4/2022), masyarakat yang ingin mudik terlihat sudah mulai memadati dermaga pelabuhan dengan penuh semangat, apalagi selama tahun 2020-2021 pemerintah melarang aktifitas mudik karena adanya pandemi Covid-19.

Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, Etria mengatakan, hari ini aktifitas mudik sudah mulai terlihat dengan meningkatkan jumlah volume penumpang.

"Sekarang jumlah penumpang mecapai 80 persen, artinya terjadi peningkatan sekitar 30 persen," ucapnya, Jumat (22/4/2022).

Beberapa keluarga juga terlihat melepas kepergian sanak saudaranya untuk kembali ke kampung halaman, tangisan dan tawa terjadi antar mereka sebelum menaiki kapal.

Sesampai menghantarkan keluarganya menuju kapal, keluarga yang lainnya tak tinggal mengabadikannya dengan kamera handphone dan juga melambaikan tangan dengan senyum bercampur tangis.

Masih kata Etria, untuk penjualan tiket kapal motor jenis jelatik, tiket dari tanggal 26 hingga 30 April sudah habis terjual, sementara untuk kapal cepat masih tersedia disetiap harinya.

"Biasanya masyarakat memilih untuk mudik lebih awal karena hindari keramaian, kalau sudah mendekati lebaran kapal bisa penuh," ucapnya.

Dari itu Etria menghimbau untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menuju Kepulauan Meranti untuk dapat segera melakukan reservasi tiket dari sekarang.

"Kalau telat reservasi, kami tidak menjamin tiket akan kembali tersedia," tutupnya. ***