PEKANBARU - Adanya permintaan dari Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Riau, Samsul Jaafar terkait adanya nama Veteran disalah satu jalan protokol Kota Pekanbaru dan monumen perjuangan, disambut baik oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi.

Mantan bupati dua periode ini mengungkapkan kepada GoRiau.com, untuk monumen perjuangan kemerdekaan yang dilakukan oleh masyarakat Riau sudah ada. Monumen itu tepat di depan rumah dinas Gubernur Riau Jalan Diponegoro.

"Sewaktu meresmikannya saya hadir. Waktu itu, saya masih menjadi mahasiswa. Saya ingat betul kejadian itu. Mungkin Pak Veteran lupa, ya kita maklumi. Tapi kita komunikasi lagi nanti monumen yang dimaksud seperti apa," kata Syamsuar usai acara ramah tamah dengan Veteran, Janda Perintis Kemerdekaan, Pepabri, Wredatama, Warakawuri, dan angkatan 45, Kamis (15/8/2019) di Balai Serindit Gubernuran.

Saat ditanya mengenai nama Veteran ada disalah satu jalan protokol Kota Pekanbaru, Syamsuar akan mempertimbangkannya. Ia lebih dulu mengecek lebih dulu di jalan apa yang bisa dijadikan Jalan Veteran.

Ads
"Boleh saja ada nama jalan Veteran. Kita lihat nanti jalan mana yang cocok untuk nama tersebut," ungkap Syamsuar.

Sebagai generasi penerus bangsa yang akan meneruskan estafet kepemimpinan kedepan, lanjut Syamsuar, perlu mengadopsi semangat dan kebersamaan persatuan dan kesatuan yang telah ditunjukan oleh sesepuh bangsa pada masa lalu.

"Prinsip-prinsip ketulusan dan besarnya pengorbanan dari para pejuang dan perintis kemerdekaan semasa merebut dan mempertahankan kemerdekaan dahulu merupakan hal yang penting untuk selalu dihargai dan dihormati," ujar Syamsuar.

Melihat besarnya pengorbanan dan jasa para pahlawan bangsa, menurut Syamsuar, patut untuk bersama-sama senantiasa mengenang dan menghormati jasa para pejuang dan pahlawan bangsa. Indonesia sebagai bangsa yang besar, tidak akan pernah melupakan jasa para pahlawan bangsa.

"Mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan diberbagai bidang, demi mengantarkan bangsa Indonesia menuju masyarakat yang aman, berkeadilan, sejahtera dengan dilandasi persatuan dan kesatuan, serta nilai-nilai kebersamaan," jelas Syamsuar. ***