PEKANBARU - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Provinsi Riau melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah rumah ibadah di Kota Pekanbaru, Jumat (27/3/2020). Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian IPK dalam mengantisipasi penularan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang kini mewabah.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di 5 masjid yakni Mesjid Al anshor, Jl. Tanjung Datuk, Al Furqon, Jl. Al Furqon, Al Islah, Jl. Sudirman Ujung, Al Musha’adah, Jl. Tanjung Batu dan Masjid Al Mubarokah juga di Jl. Tanjung Batu, Kota Pekanbaru.

Selain masjid, IPK juga melakukan penyemprotan disinfektan di 3 gereja dan perumahan Pastor yaitu Gereja GPDI, Jl. Setiabudi, GBI Rintis, Jl. Tanjung Putus, HKBP Pekanbaru, Jl. Hang Tuah dan Perumahan Pastori Gereja HKBP Pekanbaru.

DPD IPK Provinsi Riau juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah ibadah agama Budha yakni Kelenteng, Jl. Tanjung Batu, kantor Yayasan Thionghoa Jl. Setia Budi dan kantor Ikatan Keluarga Tionghoa Selat Panjang (IKTS) Jl. Tanjung Datuk, Kota Pekanbaru.

Dalam upaya antisipasi agar kader tidaktertular Corona, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di kantor DPD IPK Provinsi Riau, Jl. Hasanuddin, No. 98, Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru.

Ketua DPD IPK Provinsi Riau, Kasten Harianja mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya mendukung program Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Riau yang kini berjibaku dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Sesuai imbauan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IPK, Kanda Budi Panggabean, telah menginstruksikan kader IPK secara nasional untuk tidak berpangku tangan dengan kondisi saat ini. IPK tidak boleh diam. Harus ambil peran dan bersinergi dengan Pemerintah dalam mengentaskan penyebaran virus Corona," sebut Harianja.

Penanganan Corona, sebut Harianja, bukan tanggungjawab Pemerintah semata, namun juga tugas seluruh lapisan masyarakat luas, termasuk kader IPK.

"KIta juga semprot sejumlah rumah warga di sekitar kantor DPD IPK Riau. Ini bagian dari komitmen. Seluruh pengurus dan kader IPK harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Kita berharap, wabah Corona segera berakhir dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali," harap Harianja.

Harianja juga mengatakan, secara keseluruhan, program penyemprotan disinfektan dilakukan di 15 lokasi, termasuk di perumahan warga Komplek AMD, Jl. Usaha, Kota Pekanbaru.

"Kita berharap IPK dapat melakukan pencegahan virus Corona, tidak hanya di Kota Pekanbaru, namun juga di daerah lainnya dengan menggerakkan kader DPD II IPK Kabupaten/Kota se-Riau untuk ikut peduli batasi penyebaran virus Corona," sebut Harianja.

Sementara Ketua Pimpinan Anak Cabang Khusus (PAC-Khusus) Limapuluh, Afri Yanto didampingi Sekretatis Willy Farhat mengatakan, penyemprotan disinfektan tidak hanya dilakukan di sejumlah titik rumah ibadah, namun juga dilakukan di lingkungan masyarakat di kawasan Kecamatan Limapuluh.

"IPK hadir semampunya memberi manfaat. Semoga penyemprotan disinfektan ini bisa membatasi penyebaran Corona sekaligus memberikan rasa nyaman bagi masyarakat," ujar Yanto.

Kegiatan IPK Peduli Corona ini melibatkan Koramil 04/Limapuluh personil Babinsa, Polsek Limapuluh, Babinkamtibmas serta perangkat RW dan masyarakat setempat.

"Kita mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam membatasi penyebaran virus Corona di lingkungan masing-masing. Bisa melakukan kegiatan penyemprotan atau dengan cara lain," ajak Yanto. ***