TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Sejak tahun 2006 sampai sekarang, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari H. Sukarmis yang memimpin Kuansing selama 10 tahun terakhir.

"Secara kasat mata, kita bisa melihat pembangunan luar biasa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir yang dilakukan Pak Sukarmis. Maka, tak salah rasanya kita memberikan gelar bapak pembangunan kepada beliau," ujar Drs. Hamdan, MS Dt Paduko Jolelo, salah satu penghulu di Kenegerian Simandolak, Benai, Senin (9/11/2015) malam.

Ia bersama datuk 16 di Kenegerian Simandolak sepakat menyematkan gelar tersebut kepada Bupati Kuansing, H. Sukarmis.

Sebelum disampaikan ke bupati, Hamdan minta DPRD Kuansing mendedikasikannya sehingga bisa disandang oleh H. Sukarmis.

Sementara itu, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra menyambut baik pemberian gelar oleh pemangku adat Kenegerian Simandolak.

"Kita bisa melihat, bagaimana pembangunan Kuansing dan kalau dicari sempurna, memang tidak akan dapat. Tapi, setidaknya Kuansing kalau duduk sama rendah, kalau berdiri sama tinggi dengan daerah lain di Indonesia," ujar Andi kepada GoRiau.com, Selasa (10/11/2015) sore di Telukkuantan.

Menurut Andi, gelar bapak pembangunan untuk Sukarmis sudah lama diberikan oleh pemangku-pemangku adat di Kuansing. Namun, belum ada pengakuan dari pemerintah.

"Untuk itu, kami akan melakukan rapat internal supaya gelar tersebut melekat kepada Pak Sukarmis," ujar Andi.

Dikatakannya, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan dalam melekatkan gelar tersebut, diantaranya diatur dalam sebuah perda dan dianugerahkan pada sidang istimewa.***