PEKANBARU - Seekor Gajah Sumatera mati dengan kondisi wajah hancur akibat tebasan benda tajam, di wilayah Kelurahan Kelayang, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan Gajah Sumatera tersebut merupakan Gajah tunggal yang terpisah dari rombongan pada kantong Gajah Tesso Tenggara. Rombongan Gajah tersebut memang memiliki wilayah jelajah (home range) yang memasuki area pemukiman atau perkebunan warga.

"Kita sudah menerima laporan pada tanggal 15 April kemarin dari Babinkamtibmas Polsek Kelayang. Tim kita sudah turun untuk mengecek langsung, ada luka terbuka bekas sayatan benda tajam dibagian wajahnya, belalainya terputus, sedangkan gadingnya masih utuh," paparnya, Kamis, (16/4/2020).

Selain itu, Suharyono mengatakan pihaknya juga mengirimkan tim medis untuk nekropsi dan tim pengumpulan bahan keterangan di lapangan bersama dengan tim dari Ditreskrimsus Polda Riau untuk melakukan penyelidikan lanjutan.

"Balai Besar KSDA Riau mengutuk keras pembunuhan satwa Gajah Sumatera ini dan bersama penegak hukum akan melakukan penyelidikan terhadap kejadian ini. Untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan, barang bukti akan diamankan di Balai Besar KSDA Riau," pungkasnya.***