JAKARTA- Forum Diskusi Masyarakat Riau (FDMR) Se Jabodetabek, hari ini digelar di Bogor Jawa Barat. Setidaknya ada 11 rekomendasi yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut, Sabtu (14/05/2016)

Forum diskusi yang ditaja Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta tersebut, dihadiri semua elemem masyarkat, dari mulai mahasiswa, para tokoh dan pejabat pemerintahan.

Beberapa tokoh masyarakat riau jabodetabek yang hadir yakni, Apendi Arsyad, Elyas, Thamrin Djamin, dan Mahasiswa Riau Jabodetabek. Adapun pihak Pemerintah Provinsi Riau dihadiri Kepala Badan Penghubung Riau, Doni Aprialdi, KUPT TMII Zulfika.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, dan tokoh masyarakat Riau Drh Chaidir.

Dalam diskusi tersebut setidaknya menghasilkan 11 poin rekomendasi untuk Pemprov Riau. Berikut ke 11 poin tersebut.

1. Pemerintah Provinsi Riau, diharapkan tidak lagi menumpuk uang APBD di Bank Riau Kepri atau di Bank lainya. Sehingga pembangunan dalam segala aspek dapat segera direalisasikan sesuai dengan program yang telah diputuskan dalam Musrenbang Provinsi Riau 2015.

2. Jika pembangunan Riau tidak berjalan dengan semestinya, ada indikasi ketidak beresan/ pesoalan dengan SDM Pemprov. Maka kami mendukung Plt Gubernur Riau untuk melakukan evaluasi dan mengganti pejabat yang tidak kompeten.

3. Berharap Pemprov Riau dalam hal ini Plt Gubernur, agar memberikan porsi lebih dalam melibatkan pihak swasta guna mempercepat pembangunan ekonomi.

4. Mendukung dan mengusulkan usaha kerjasama masyarakat dan mahasiswa Riau khususnya IPB, melalui sinergi program entrepreneurship dalam menggerakkan pembangunan.

5. Peserta dialog meminta kepada Pemerintah Provinsi Riau, agar tetap menganggarkan dalam setiap APBD Riau dana bantuan beasiswa untuk s1, s2 dan s3 yang mahasiswanya berprestasi.

6. Dialog mahasiswa asal Riau yang berada di pulau Jawa dan sekitarnya tetap harus dilaksanakan minimal dua kali setahun untuk memberikan masukan dan pokok-pokok pikiran mahasiswa, masyarakat Riau di pulau Jawa untuk percepatan pembangunan.

7.Memberdayakan alumni yang merupakan putra daerah Provinsi Riau untuk mengabdi di Provinsi Riau sendiri.

8.Forum diskusi meminta agar venue-venue yang ada di Provinsi Riau yang tidak terawat pasca PON dimanfaatkan sebagaimana fungsinya.

9.Forum diskusi merekomendasikan agar seluruh jembatan yang terbengkalai pembangunannya segera direalisasikan.

10.Forum diskusi merekomendasikan agar pemerintah daerah Provinsi Riau, mengembangkan seluruh pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa  masuk destinasi pariwisata nasional maupun internasional.

11.Forum diskusi meminta kepada pemerintah Provinsi Riau agar mendesak kementrian lingkungan hidup dan kehutanan untuk mengesahkan rtrwp riau secara keseluruhan sebagai wujud pembangunan daerah.

Bertugas dalam membacakan keputusan atau 11 rekomendasi tersebut, yakni Dodi Sukma, selaku perwakilan Mahasiswa Pasca Sarjana IPB yang merupakan perwakilan Forum Mahasiswa Pascasarjana Riau Jabodetabek yang didampingi oleh Nur Suhada  dan Aulia Rahmadi Harfah ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau (IKPMR) Bogor.(*/dnl)