PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus meminta para pedagang di Tempat Penampungan Sementara (TPS) sudah pindah ke gedung Sukaramai Trade Center (STC) sebelum hari raya.

Menurutnya, para pedagang sudah tidak memiliki alasan untuk bertahan di TPS karena pembangunan STC sudah selesai.

"Kita harapkan sebelum hari raya para pedagang sudah masuk ke STC, dan lokasi TPS itu sudah rapi. Persoalan teknis lainnya nanti, bisa dikonsultasikan dan dimediasi dengan tim yustisi, tim percepatan STC, ataupun pihak investor dan pedagang," ujar Firdaus, Rabu, (26/2/2020).

Ia menjelaskan, pihaknya sebagai pelayan masyarakat memiliki kewajiban untuk menampung semua aspirasi kelompok masyarakat dan bukan hanya mementingkan satu kelompok atau pihak saja. Maka itu, memindahkan pedagang TPS di STC adalah untuk kepentingan bersama kelompok masyarakat lain.

"Jadi begini, dengan adanya TPS di Jalan Cokroaminoto, Jalan Kopi dan Jalan Sudirman inikan sebenarnya sudah mengganggu hak publik, selama 4 tahun ini. Sekarang tempat (STC) mereka sudah disediakan, jangan ganggu lagi hak publik yang lain," terangnya.

Selanjutnya, Firdaus meminta agar proses pemindahan dan penertiban pedagang TPS ke STC ini dilakukan secara kekeluargaan.

"Kalau sudah emosi tidak akan selesai, kita harapkan dengan pendekatan kekeluargaan," terangnya.***