SELATPANJANG - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Meranti Fauzi Hasan berharap dengan kerjasama semua pihak, Kepulauan Meranti bisa swasembada pangan pada tahun 2017 mendatang. Harapan itu dibarengi dengan banyaknya tersedia lahan, dan kesiapan masyarakat didampingi Tentara Nasional Indonesia.

Demikian disampaikan Fauzi Hasan kepada GoRiau, Kamis (25/2/2016). Kata Politisi PAN Kepulauan Meranti ini, beberapa waktu lalu Ia bersama Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim, Kepala DPPKP Yulian Norwis, telah pergi ke Desa Bina Maju Kecamatan Rangsang Pesisir.

Diceritakan Fauzi juga, kunjungan ke Bina Maju dalam rangka pencanangan cetak sawah langsung dilakukan oleh Pangdam I Bukit Barisan (BB) Mayjend Lodwik Pusung secara simbolis, dengan melakukan Land Clearing menggunakan Excavator itu disaksikan langsung oleh Plt Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman MBA, dan beberapa pejabat lain.

Setelah melihat langsung kondisi lahan dan kesiapan petani, dengan dibantu TNI, Fauzi berharap dan optimis sawah tersebut bisa memberikan hasil yang maksimal.

"Kalau kita melihat kondisi lapangan, dan TNI sangat serius membantu, kitabisa memaksimalkan lahan kosong untuk sawah," ujar Fauzi.

Selaku dewan, Fauzi mengaku sangat mendorong upaya untuk peningkatan persawahan di Kota Sagu. Bahkan, mereka menginginkan tahun 2017 Kepulauan Meranti swasembada pangan.

"Kita juga berikan apresiasi yang tinggi untuk DPPKP yang telah menjemput bola ke pusat. Sehingga, untuk Riau, kita paling besar dapat bantuan cetak sawah itu," kata Fauzi lagi.

Kemudian, disarankan Fauzi, dinas terkait perlu memberikan pembinaan kepada kelompok tani (Poktan). Agar, serius mengerjakan sawah dan jangan mudah dipecahbelahkan oleh kelompok yang tidak bertanggungjawab. "Kita khawatir ada pembisik nantinya, sehingga mudah teradu domba antara Poktan. Ini akan berdampak pada target swasembada kita. virus jahat seperti itu perlu cepat dibuang," ujarnya lagi.

"Pokoknya antara pemerintah dengan masyarakat, dewan, dan TNI harus sering berkomunikasi. Agar semua permasalahan yang ditemukan bisa cepat diatasi," kata Fauzi Hasan lagi.

Hanya saja, ditambahkan Fauzi Juga, sesuai permintaan Mayjend L Pusung, agar Mei 2016 sudah bisa siap cetak sawah, sepertinya sangat ditentukan alam. Untuk di Meranti masih dipengaruhi faktor musim untuk menanam padi. Di Meranti tidak seperti daerah lain. "Target dari Pangdam I agar bisa siap tanam Mei itu yang masih perlu koordinasi lebih lanjut ke dinas terkait. Apakah bisa untuk daerah Meranti bulan Mei itu masuk musim tanam," tutur politisi PAN Meranti ini lagi.

Cetak sawah baru seluas 1400 Ha di Kabupaten Meranti tersebar di beberapa Kecamatan dan desa yakni Kecamatan Tebing Tinggi Timur seluas 170 Ha, Kecamatan Pulau Merbau 50 Ha, Rangsang Barat 480 Ha dan Rangsang 350 Ha, Kecamatan Merbau 250 Ha, Kecamatan Rangsang Pesisir 100 Ha. Perkiraan produksi naik hingga 30.68 Persen.

Adapun 15 desa itu antara lain, Desa Bina Maju, Mekar Sari, Teluk Samak, Topang, Anak Setatah, Teluk Buntal, Desa Melai, Sungai Tohor, Mayang Sari, Lukit, Segomeng, Tjg. Bunga, Repan, Kedabu Rapat, Penyagun. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27022016/1jpg-4075.jpgKetua DPRD Kabupaten kepulauan meranti Fauzi Hasan SE. saat bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Noviwaldy Jusman dan Kajari Selatpanjang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27022016/2jpg-4074.jpgKetua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti H Fauzi Hasan SE, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Pandra Arsyad SH MSi, Plt Gubri Riau Arsyad Juliandi Rachman MBA saat menyambut Kedatangan  Pangdam 1 Bukit Barisan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27022016/3jpg-4073.jpgKetua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti H Fauzi Hasan SE mendampingi Pangdam 1 Bukit Barisan saat melihat Peta lokasi cetak sawah.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27022016/4jpg-4072.jpgPangdam I Bukit Barisan (BB) Mayjend Lodwik Pusung saat memberikan kata sambutan. Ketua DPRD Kepulauan Meranti H Fauzi Hasan SE bersama Sekda Kepulauan Meranti, Drs H Iqarudin dan Kepala Kejaksaan Selatpanjang Suwarjana saat mengunjungi lokasi pencetakan sawah di desa Bina Maju.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27022016/ganti1jpg-4076.jpgPangdam I Bukit Barisan (BB) Mayjend Lodwik Pusung saat memberikan kata sambutan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27022016/6jpg-4070.jpgPangdam I Bukit Barisan (BB) Mayjend Lodwik Pusung secara simbolis dengan melakukan Land Clearing menggunakan Excavator.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27022016/ganti2jpg-4077.jpgPlt Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman MBA saat memberikan sambutan saat acara cetak sawah.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27022016/ganti3jpg-4078.jpgWakil Bupati Kepulauan Drs H Said Hasyim memberikan sambutan saat acara cetak sawah.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27022016/9jpg-4067.jpgWakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim (kiri) mendampingi Plt Gubri Arsyad Juliandi Rachman MBA dan Pangdam I Bukit Barisan (BB) Mayjend Lodwik Pusung saat meninjau lokasi sawah.