PEKANBARU, GORIAU.COM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru melaksanakan Konfrensi Tahunan di Pustaka Soeman Hs pada Sabtu (12/10/2013). Hal tersebut dilaksanakan guna memilih kepengurusan yang baru. Pasalnya, periode sebelumnya yang dipimpin Ilam Muhammad Yasir sudah berakhir.

Dalam Konferta tersebut, adapun mekanisme pencalonan yang disepakati, yakni setiap orang berhak mencalonkan dan dicalonkan secara berpasangan. Calon Ketua dan Sekretaris.

Maka ada 10 pasangan yang dicalonkan. Dari jumlah tersebut, sembilan pasangan menyatakan tidak bersedia dicalonkan sebagai ketua. Alasannya, sibuk dengan kegiatan keredaksian di media masing-masing.

Akhirnya, Fakhrurrodzi dari harian Tribun Pekanbaru terpilih secara aklamasi menjadi ketua AJI Pekanbaru periode 2013-2016. Dan Eko Faizin dari harian Riau Pos yang menjadi sekretarisnya.

Diberikan amanah untuk menahkodai AJI selama tiga tahun ke depan, Fakhrurrodzi merasa bersyukur atas apa yang dipercayakan anggota AJI Pekanbaru. "Alhamdulillah, kawan-kawan mempercayakannya sama saya," katanya kepada GoRiau.com, Sabtu malam (12/10/2013).

"Insya Allah, kami akan membawa AJI Pekanbaru untuk lebih jaya lagi dari tahun-tahun sebelumnya," lanjutnya. Fakhrurrodzi akan tetap mempertahankan independensi lembaga dan independensi wartawan sebagaimana program-program pengurus sebelumnya.

Selain itu, Fakhrurrodzi akan berusaha meningkatkan kemampuan anggota AJI Pekanbaru. Karena, menurutnya peningkatan kemampuan tersebut sangat penting. Untuk menghasilkan jurnalis yang handal.

"Kami akan membuat terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan kemampuan anggota," ucap Fakhrurrodzi.(san)