BANGKINANG - Menurut Irwansyah, warga Bangkinang Kota, nama Surya Darmawan adalah nama yang paling tepat menduduki kursi Wakil Bupati Kampar yang lama kosong.

Selain muda dan memiliki jam terbang tinggi, sosok Surya Darmawan dinilainya adalah sosok yang paling diterima oleh partai politik koalisi. Bahkan, menurut dia, Surya Darmawan juga paling diterima oleh publik dari sekian banyak nama yang beredar.

"Buktinya 4 dari 6 partai koalisi sudah oke, sepakat mereka memajukan nama Surya Darmawan. Apalagi yang mau dipersoalkan sehingga proses ini ditahan-tahan. Kalau menganut azas demokrasi Surya sudah berhak maju ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk dipilih," ucap Irwansyah kepada wartawan, Rabu (5/8/2020).

Lanjut Irwansyah, empat dari enam parpol koalisi yang setuju nama Surya Darmawan dikirim ke DPRD adalah PKS, Nasdem, Gerindra dan PKB. Seyogyanya, kata dia tidak ada lagi alasan pihak lain untuk memperlama proses penunjukan wabup ini.

Publik menurut Irwansyah, juga sangat percaya Surya Darmawan mampu membantu kerja bupati. Baik dalam konteks kerja-kerja pemerintahan maupun kerja membangun komunikasi dengan berbagai kalangan level formal maupun di level informal.

"Apa ndak pakai azas demokrasi lagi? Kalau ndak pakai azas demokrasi, ya sudah, serahkan saja pada bupati sendiri yang tunjuk siapa wakilnya. Susah betul nampaknya," sergah dia.

Irwansyah mengingatkan, elit parpol untuk lebih sensitif lagi dengan aspirasi publik. Jangan sampai kata dia, publik membaca ada pihak-pihak di kalangan koalisi tidak peka merespon kegelisahan publik agar kursi wakil bupati harus sesegera mungkin diisi.

"Publik sudah gerah karena terlalu lama menunggu kursi kosong wakil bupati bisa terisi. Desakan publik agar ini bisa diisi amat kuat jika mereka pintar merasa. Ditambah penerimaan  publik  yang bagus untuk Surya Darmawan harusnya juga jadi pertimbangan lain bagi merek untuk mempercepat proses ini," harap Irwansyah. ***