JAKARTA - Berdasarkan survei Lembaga CIGMark, sosok Ridwan Kamil mendapatkan dukungan paling tinggi di Jawa Barat. Bahkan nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto hingga Anies Baswedan mampu dikalahkannya.

"Berdasarkan pertanyaan terbuka atau top of mind sosok Ridwan Kamil mengantongi dukungan paling tinggi sebesar 22,1 persen," kata CEO CIGMark Research and Consulting, Panca Pratama, Minggu (13/11/2022).

Ketika ditanya capres yang akan dipilih jika pemilihan presiden dihelat saat ini, banyak yang memilih Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Kang Emil ini. Kang Emil menempati elektabilitas tertinggi dengan 39,2 persen dari 18 nama. Kemudian disusul oleh Prabowo, Anies hingga Ganjar. "Di urutan kedua adalah Prabowo Subianto 23,5 persen, disusul Anies Baswedan 14,9 persen dan Ganjar Pranowo 8,1 persen," lanjut Panca.

Untuk kandidat lain mendapatkan elektabilitas di bawah 5 persen. Ada sekitar 3,8 persen belum menentukan pilihannya. Ridwan Kamil ternyata mampu menempati urutan tertinggi jika dilihat dari aspek loyalitas pendukungnya yakni sebesar 31,5 persen.

Nama Prabowo Subianto yang dikenal banyak pendukung di Jawa Barat, justru harus tertinggal. "Pemilih loyal Prabowo 16,1 persen, Anies Baswedan 9,5 persen, Ganjar Pranowo 5,1 persen. Sementara itu, dari segi popularitas capres di Provinsi Jawa Barat sosok Ridwan Kamil merupakan figur yang paling dikenal dan disukai di Jawa Barat," tutupnya.***