DUMAI-Peserta yang ikut tes CPNS di Kota Dumai tak usah khawatir jika bersuhu di atas 37 derajat. Pasalnya panitia akan menyiapkan seleksi kompetensi dasar (SKD) di ruang khusus.

Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Dumai, terus memantapkan persiapan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi CPNS 2021 di Kota Dumai.

Selain mempersiapkan sarana dan prasarana untuk SKD menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT), BKPSDM juga menyiapkan ruangan khusus bagi peserta yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat Celcius.

Demikian diungkapkan Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Data Informasi BKPSDM Kota Dumai, Khaidir.

Dijelaskannya, bahwa persiapan pelaksanaan SKD di Kota Dumai sudah 80 persen.

"Sarana dan prasarana sudah kami siapkan. Seperti jaringan internet, listrik dan komputer," katanya, Rabu (8/9/2021).

" Kami juga telah menyiapkan ruangan khusus ditujukan bagi peserta SKD yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat Celcius," imbuhnya seperti dilansir Pekanbaru.tribunnews.com.

Dijelaskannya, SKD CPNS 2021 akan mulai dilaksanakan 15 sampai 29 September 2021 di Kampus STIA Lancang Kuning Kota Dumai.

Khaidir menuturkan, dari 6.072 peserta CPNS dan PPPK Kota Dumai yang lulus seleksi administrasi, 5.521 akan mengikuti SKD. Ujian digelar di Kampus STIA Lancang Kuning Kota Dumai.

Sedangkan sisanya akan mengikuti ujian di lokasi yang telah ditetapkan oleh BKN.

Diterangkannya, SKD di masa pandemi, peserta wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 .

Yaitu, menggunakan masker 3 lapis (3 ply), menjaga jarak (physical distancing) minimal 1 meter selama ujian.

Bukan hanya itu saja, tambahnya, peserta juga wajib membawa hasil swab antigen dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam, dengan hasil negatif, sebelum mengikuti ujian

Diakuinya, teknisnya nanti akan dipandu oleh Tim Satgas Covid-19 Kota Dumai.

Mulai dari cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dilanjutkan dengan pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki ruang ujian.

"Jika suhu tubuh di atas 37 derajat Celcius, peserta tetap bisa mengikuti SKD tapi akan diarahkan ke ruang khusus di lantai dasar Kampus STIA Lancang Kuning," ucap Khaidir.

"Hal itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya penularan Covid-19 mengingat pelaksanaan SKD masih Pandemi Covid-19," pungkasnya.***