TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Selain memiliki 4.100 Hektar perkebunan kelapa, sehingga menjadi pemilik perkebunan terluas se Dunia untuk ukuran Kabupaten, ternyata Indragiri Hilir (Inhil) juga penyumbang beras terbesar untuk Provinsi Riau. Dimana sebesar 28 persen beras di Riau, disumbangkan oleh Kabupaten pemilik ribuan parit ini.

Dinas Pertanian Provinsi Riau saja mencatat, 1 warga Riau mengkonsumsi beras sebanyak 100,35 Kilo gram setahun, sehingga jumlah produksi beras yang dihasilakan tidak dapat mengimbangi kebutuhan per-tahunya.

''Inhil menjadi penyumbang beras terbesar, jika petani di Inhil tak tanam padi lagi, Riau bisa demam,'' kata Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Riau, Marziman Hajak saat menghadiri pemanenan padi sekaligus penyerahan alat dan mesin pertanian, Kamis (20/8/2014) di BBU Pekan Arba Tembilahan.

Meski Riau baru mampu menyuplai 55 persen, namun dikatakan dia itu bukan dikarenakan Riau tidak mampu, hanya tidak bisa mengimbangi lajunya pertumbuhan penduduk di Provinsi Riau.

Menanggapi apa yang dikatakan Sekretaris Dinas Provinsi Riau itu, Bupati Inhil, HM Wardan mengingatkan kepada seluruh kelompok tani di Inhil, agar menjaga anggotanya sehingga tetap terus menanam padi dan tidak mengalihkan fungsi lahan pertanian yang seharusnya ditanami padi menjadi tanaman lainnya.

Memperluas area penanaman padi, juga menjadi salah satu prioritas untuk Bupati Inhil kedepan. ''Inhil ini sebenarnya masih luas potensi untuk meluaskan lahan baru, kedepan mudah-mudahan kita bisa meningkatkan lagi luas areal pertanian padi,'' kata HM Wardan.(ayu)