PEKANBARU - Citra satelit Terra dan Aqua, pada Sabtu (14/3/2020) sore ini, mendeteksi ada sebanyak 14 titik panas atau hotspot yang terpantau di Provinsi Riau.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Putri Santy Siregar mengatakan, bahwa 14 titik panas yang berada di atas level 50 persen ini, tersebar di enam kabupaten dan kota se-Riau.

"Di Kabupaten Pelalawan Riau yang terbanyak ada lima titik panas, Kepulauan Meranti tiga titik panas, Dumai dan Indragiri Hilir (Inhil) masing-masing dua titik panas, serta Bengkalis dan Siak masing-masing satu titik panas," kata Putri di Pekanbaru, Sabtu sore.

Dari total hotspot tersebut, jika diklasifikasikan lagi ternyata hanya dua titik yang didapat diduga sebagai titik api atau firespot, yakni terdeteksi di Kepulauan Meranti satu titik api dan Dumai satu titik api.

"Satu titik api yang ada di Meranti ini berada di level confidence 72 persen. Sedangkan, satu titik api di Dumai berada di level confidence 88 persen," ujarnya.

Sedangkan untuk prakiraan cuaca di Riau malam ini, diperkirakan cerah berawan tanpa potensi hujan.

"Sedangkan diniharinya ada potensi hujan ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Kampar," ujarnya. ***