PEKANBARU - Dua orang rampok beraksi Jumat (3/4/2020) malam, sekitar pukul 21.30 WIB di Desa Lahai Kemuning, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Inhu, Riau. Selain berhasil mambawa uang, keduanya juga sempat duel dengan kakek pemilik warung bernama Suyoto yang berusia 70 tahun.

Perkelahian antara kakek dengan kedua perampok terjadi karena sang kakek berusaha mempertahankan uang yang dimilikinya. Namun Suyoto kalah gesit sehingga dia bisa dijatuhkan.

Kasubag Humas Polres Inhu, Aibda Misran menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada hari Jumat (3/4/2020) malam, sekitar pukul 21.30 WIB. Saat itu Suyoto sedang berada di dalam kedai atau warung sembako miliknya, lalu datang 2 orang tak dikenal pura-pura membeli rokok dan bercerita dengan Suyoto.

''Tidak lama saat mereka bercerita, salah seorang pelaku langsung menodongkan seperti senjata api pendek, dan menyuruh korban untuk menyerahkan uang. Sementara pelaku yang satunya lagi langsung menutup pintu roling warung, agar masyarakat tidak mengetahui aksi mereka," terang Misran kepada GoRiau.com, Senin (6/4/2020) siang.

Tidak terima akan perlakuan dua orang tak dikenal tersebut, Suyoto melakukan perlawanan dengan cara berkelahi, namun kalah. Akibatnya, kepala Suyoto luka dan mengeluarkan darah.

Selanjutnya para pelaku mengambil tas yang berada di laci warung, tas itu berisi uang sebanyak Rp 20 juta. Selain uang, pelaku juga mengambil tiga unit handphone.

Tidak puas sampai disitu, para pelaku membawa Sutoyo ke dalam kamar tidur untuk kembali mencari uang namun tidak ditemukan.

''Di kamar, pelaku kembali menodongkan senpi ke arah istri korban yang saat itu sedang tidur dan kembali mencari uang di dalam kamar korban, namun tidak lagi ditemukan," lanjut Misran.

Setelah mengobrak-abrik rumah Suyoto, kedua pelaku langsung meninggalkan warung tersebut dengan membawa uang dan handphone.

"Setelah kita mendapatkan laporan, petugas langsung menuju lokasi kejadian, dan membawa korban ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis. Sementara untuk ciri-ciri para pelaku yang kita peroleh adalah sebanyak dua orang, salah satu pelaku pendek gempal, dan satunya pendek kecil. Mereka tidak pakai sebo saat beraksi, memakai jaket hitam dan sepedamotor Jupiter Z. Saat ini petugas tengah menyelidiki dan memburu para pelaku," tutup Misran. ***