SIAK - Dalam pembacaan hasil badan anggaran DPRD Kabupaten Siak terhadap rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Siak tahun 2018, Dinas Perhubungan diminta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor perhubungan.

Dikatakan Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan melalui juru bicara laporan hasil Banggar, Marudut Pakpahan SH memyebutkan saat ini kita tidak bisa hanya mengandalkan dana bagi hasil saja dalam membangun dan menyelenggarakan kegiatan Pemerintahan di Kabupaten Siak.

"Mengingat pemerintah daerah mendapatkan PAD dari perhubungan sebesar Rp 315 juta. Tentunya tahun 2018, asumsi PAD naik menjadi Rp 600 juta. Untuk itu perlu kinerja yang lebih baik dalam mencapai hal tersebut," kata Marudut, Senin (27/11/2017).

Menurutnya, semua OPD harus berupaya merebut dana bantuan yang bersumber dari dana APBN maka diperlukan kerjasama antara pihak Eksekutif dan Legislatif.

Sektor perhubungan juga harus memperhatikan hal-hal lainnya yang menunjang target itu.

Langkah lainnya yang dimaksud yakni, Dinas Perhubungan Siak harus menata lagi pengelolaan Terminal penumpang untuk melayani kendaraan umum angkutan yang dipadukan dengan pelayanan angkutan perkotaan dan angkutan pedesaan.

"Pemerintah daerah terus berupaya mencari anggaran lain dari Pemerintah Provinsi yang memiliki kewajlban untuk menganggarkan terkait kegiatan-kegiatan yang kewenangannya telah beralih dari Kabupaten," tuturnya lagi. ***