PEKANBARU- Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Ir Emy Sadjati, MSi, menghadiri konvensi pavilion Indonesia COP 25 United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) atau kerangka kerja perubahan iklim perserikatan bangsa-bangsa di Madrid dari tanggal 6-13 Desember 2019.

Pavilion Indonesia at COP 25 UNFCCC merupakan upaya soft diplomasi dan komunikasi delegasi RI kepada 197 anggota UNFCCC mengenai program perubahan iklim di Indonesia.

Tujuannya adalah mempromosikan keberhasilan mengenai kebijakan program dan aksi nyata kegiatan pengendalian perubahan iklim di Indonesia baik yang dilakukan pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), swasta, akademisi, pemuda dan masyarakat pada umumnya.

"Berbagi informasi tentang mitigasi, adaptasi dan pendanaan perubahan iklim dan pasar karbon, peningkatan kapasitas, alih teknologi ataupun kegiatan pendukung lainnya yang mendukung, tiga meningkatkan jejaring kerja sama terkait program pengendalian perubahan iklim dengan kalangan internasional," jelas Emy saat dihubungi melalui pesan WhatsApp di Madrid, Senin (9/12/2019).

Dikatakannya rangkaian kegiatan selama di Spanyol berupa talkshow, pameran, pertunjukan seni, budaya dan diskusi formal. Dan selama di Madrid, ia berperan sebagai penanggap terkait ethnic comunity and property right dan agroforestri atau komunitas etnis dan hak properti dan agroforestri.

Dijelasjannya pada konvensi itu, ada 4 hal yang akan disampaikan yaitu, satu, pemberdayaan masyarakat untuk aksi perubahan iklim, kedua, peningkatan kapasitas masyarakat desa dalam rangka aksi perubahan iklim.

Kemudian ketiga, kelompok tani Hutan Dayak misik melakukan perjuangan untuk keadilan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup di hutan kalimantan tengah,dan terakhir membangun perubahan iklim sebuah pelajaran dari suku dayak di kalteng.

"Tentunya dengan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi saya dan juga kampus Unilak, saat saya presentasi para peserta dari negara lain memberikan respon yang baik dan antusias," ujar Emy. ***