BENGKALIS - Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Parbudpora) H Anharizal mengakui ada anggaran untuk program pengelolaan kekayaan budaya guna peningkatan parasarana situs sejarah sebesar Rp600 juta di Perangkat Daerah yang dinakhodainya itu.

Katanya, anggaran Rp600 juta itu memang untuk pembangunan makam Datuk Laksamana Raja Dilaut I Rp400 juta dan untuk pembangunan makam Datuk Laksamana Raja Dilaut II Rp200 juta.

“Memang benar apa yang disampaikan Plt Kepala Bappeda melalui Kabid Sosbud dan Pemerintahan itu. Tahun ini memang ada anggaran Rp600 untuk pembangunan kedua makam Datuk Laksamana Raja Dilaut tersebut,” jelas Anharizal, Ahad (10/2/2019).

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda melalui Kepala Bidang Sosial Budaya (Sosbud) dan Pemerintahan Bappeda Juminanin Hartatik membenarkan adanya anggaran dimaskud.

“Jumlahnya saya tak ingat betul. Kalau tak salah, anggaran untuk pembangunan makam Datuk Laksamana Raja Dilaut I Rp400 juta dan makam Datuk Laksamana Raja Dilaut II Rp200 juta,” papar Nanin, begitu perempuan berhijab ini akrab disapa sebagian sejawatnya.

Nanin mengatakan itu menguatkan pernyataan orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Bupati Amril berazam, pada puncak peringatan Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019 ini, selain makam Datuk Laksamana Raja Dilaut III dan IV, makam Datuk Laksamana Raja Dilaut I dan II juga dapat menjadi bagian dari ziarah yang dilaksanakan.

Kata mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamata Pinggir ini, dia sudah meminta pihak Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) untuk mempersiapan hal itu sedini mungkin.

“Sudah kami instruksikan. Apalagi menurut Kepala Bappeda, pada tahun 2019 ini anggaran untuk pembangunan makam Datuk Laksamana Raja Dilaut I dan II ada dalam APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2019,” jelas Bupati Amril, beberapa waktu lalu.

Persiapan Dokumen Pelaksanaan

Anharizal mengatakan, saat ini persiapan pelaksanaan kegiatan pembangunan kedua makam Datuk Laksamana Raja Dilaut tersebut tengah digesa.

Dia berjanji akan memenuhi azam Bupati Amril, sehingga saat peringatan Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019 ini, kegiatan ziarah juga dapat dilakukan di makam Datuk Laksamana Raja Dilaut I dan II. Tak hanya di makam Datuk Laksamana Raja Dilaut III dan IV seperti selama ini.

“Kita lagi mempersiapkan dokumen-dokumen untuk pelaksanaan kegiatan dimaksud. Mudah-mudahan pada peringatan Hari Jadi ke-507 Bengkalis yang jatuh pada tanggal 30 Juli 2019, renovasi makam Datuk Laksamana Raja Dilaut I dan II sudah selesai,” ujar Anharizal.***