SIAK - Orang Tanpa Gejala (OTG) menjadi salah satu kelompok yang paling berisiko menularkan virus corona atau Covid-19. Hal ini lantaran OTG bisa menjadi pembawa virus tanpa terlihat sakit.

"Jangan mengira, OTG ini bisa pulih normal setelah menjalani perawatan. Mereka juga mengalami kerusakan paru-paru akibat terkonfirmasi Covid-19 ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, Dr Toni Chandra kepada GoRiau.com.

Menurutnya, banyak orang menganggap bahwa kerusakan organ yang dialami OTG tidak terlalu parah. Padahal pasien tanpa gejala atau orang yang tidak menunjukkan gejala Covid-19 tapi mereka sudah memiliki virus masih mengalami beberapa jenis efek negatif.

"Corona virus ini sangat merusak paru-paru pasien. Itu juga berlaku untuk mereka yang tidak memiliki gejala. Jadi sedini mungkin jaga kesehatan, jaga jarak, selalu cuci tangan, gunakan masker saat di luar," kata Kadiskes.

Dijelaskan dr Toni, pasien akan mengalami kesulitan bernapas karena paru-paru mereka akan dipenuhi dengan cairan dan menjadi meradang.

"Kantung udara akan kesulitan mengambil oksigen dan ini akan menyebabkan sesak napas dan batuk," kata dr Toni. (advertorial)