SELATPANJANG - Pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti mengapresiasi dan mendukung warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang telah berinovasi membuat masker.

Mengingat masker susah didapati baik di apotek-apotek dan terkaitnya wabah Virus Corona atau Covid-19 para warga binaan di Lapas Kepulauan Meranti melakukan langkah untuk berinovasi membuat masker untuk dibeli Tim Terpadu Covid-19 lalu dibagikan ke petugas medis penanganan Covid-19 terutama yang bertugas di lapangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, dr H Misri Hasanto MKes, mendukung penuh para warga binaan di Lembaga untuk bekarya dan berinovasi bahkan karya-karya tersebut akan dibeli. Untuk mengisi hari-hari kekosongan para warga binaan itu telah berinovasi membuat masker dari bahan kain.

"Saya cukup mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan positif yang dilakukan kawan-kawan tersebut," ujar Misri.

Dijelaskannya, dalam kondisi masker sedikit sulit untuk didapati di apotek-apotek, hal itu juga membantunya untuk memberikan kepada petugas-petugas di lapangan.

Ia juga menghargai karya-karya para warga binaan itu. "Selaku Kepala Dinas Kesehatan dan masyarakat, saya turut bangga apa yang dilakukan rekan-rekan kita di lapas tersebut," ungkapnya lagi.

Sementara itu, Kalapas Cabrutan Selatpanjang, Atma Wijaya membenarkan hal itu, bahwa para tahanan melakukan penjahitan masker atau penutup mulut.

"Kegiatan itu dilakukan sudah dilakukan sejak beberapa bulan terakhir," beber Atma Wijaya.

Diakuinya, para tahanan tersebut seperti kwalahan pasalnya, mesin jahit sebagai alat proses pembuatan masker tersebut tak lebih dari 3 unit. Sambungnya lagi, adapun bahan itu dibeli oleh pihak Lapas kemudian setelah jadi dibeli oleh pihak tim terpadu Covid-19.

"Yang sorang tukang jahit seorang lagi tukang nyeterika, dan hal itu agak memperlamban proses karena keterbatasan mesin," jelasnya.

Dipaparkannya, harga sehelai masker tersebut senilai Rp7000 dan saat ini sudah dibeli beberapa kali oleh pihak tim terpadu Covid-19 sebanyak satu kotak atau seratus lembar. ***