PEKANBARU – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru akan menggelar imunisasi dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Kepada orang tua, diharap segera membawa anaknya untuk mendapatkan vaksin ke pelayanan kesehatan terdekat.

Hal ini disampaikan Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (24/5/2022). Ia menjelaskan, vaksinasi yang dimaksud adalah vaksinasi yang rutin diberikan kepada anak usia 0 hingga 15 tahun.

"Saat ini kita menggelar vaksinasi untuk BIAN 2022. Vaksinasi diberikan kepada anak usia 0 hingga 15 tahun, yaitu vaksin Polio, Hepatitis, Campak, Rubella dan lainnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya layanan kesehatan di Kota Pekanbaru berfokus pada vaksinasi Covid-19. Sehingga pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak tersebut menjadi rendah.

"Akibat rendahnya vaksinasi rutin bagi anak-anak ini, maka kasus sakitnya meningkat. Seperti campak dan difteri dan lainnya ini meningkat," jelasnya.

Menurutnya, BIAN berlangsung mulai 18 Mei hingga 18 Juli mendatang. Disamping itu, vaksinasi pencegahan penularan Covid-19 tetap dilakukan. ***