SELATPANJANG - Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan laut (Hubla) Ir A Toni Budiono MM memastikan pelayanan publik di sektor kepelabuhan pada hari libur pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Rabu (15/2/2017) tetap berjalan seperti biasa. Namun, kenyataannya pelabuhan di Pekanbaru Provinsi Riau menghentikan aktivitas sehingga warga tak bisa melakukan keberangkatan.

Imbauan Dirjen Hubla Toni itu disampaikan melalui web resmi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, yang diposting Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Selasa (14/2/2017).

Melalui berita resmi web Dephub.go.id, Dirjen Tony memastikan bahwa libur Pilkada pelayanan publik sektor transportasi laut tetap berjalan. Menurut Tony, tidak ada penghentian layanan meskipun para petugas sedang melaksanakan haknya memilik kepala daerah di wilayah masing-masing. Setelah pemerintah menetapkan 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional.

Namun, apa yang disampaikan Dirjen Tony rupanya tidak terbukti di Pekanbaru. Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru, Riau, menghentikan aktivitas keberangkatan speedboat (Pekanbaru-Selatpanjang, red). Sehingga banyak warga yang hendak pulang ke Selatpanjang tidak bisa berangkat dan kecewa.

Kurnia (26) salah seorang warga Selatpanjang mengaku sangat kecewa karena tak bisa pulang pada Rabu tanggal 15 Februari 2017. Padahal, kata Kurnia, dia telah membaca imbauan Dirjen Tony dan tidak menyangka ada aktivitas pelabuhan dihentikan. "Katanya tak libur, tau-taunya saya tak bisa pulang. Harusnya sudah berangkat sekarang, ini harus menunggu besok (Kamis tanggal 16 Februari 2017)," kata Kurnia dengan nada kesal.

Tak hanya Kurnia, puluhan warga lain juga menyatakan kekecewaannya karena tak bisa berangkat. Mereka yang tidak mengetahui dari awal malah sudah sampai ke Pelabuhan Sei Duku dan terpaksa kembali lagi akibat tidak ada keberangkatan.

GoRiau coba menghubungi beberapa agen speedboat di Pekanbaru untuk memastikan. Setelah tersambung dengan Agen Garuda, mereka mengatakan memang tidak ada aktivitas keberangkatan dengan alasan petugas ikut memilih. Kemudian, jawaban sama juga disampaikan Agen Speedboat Meranti Ekspres.

Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru merupakan satu-satunya pelabuhan yang melayani keberangkatan dari Pekanbaru ke Selatpanjang. Selain itu juga melayani aktivitas keberangkatan laut dari Pekanbaru ke Siak, dan Pekanbaru ke Bengkalis. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini