JAKARTA - Penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) untuk acara Nusantara Bersatu yang diadakan relawan Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (26/11) menjadi sorotan.

Bahkan tagar Katanya GBK menempati peringkat nomor satu trending Twitter saat ini . Ini sebagai sindiran warganet atas penggunaan GBK untuk kegiatan politik atau selain olahraga.

Mayoritas warganet atau netizen mengkritik penggunaan GBK. Bukan soal digunakan relawan Jokowi, tetapi mengapa untuk acara lainnya, seperti Piala AFF 2022 dan konser musik Blackpink, tidak boleh.

Politisi Partai Demokrat, Yan Harahap ikut berkomentar. Menurutnya apa yang dilakukan Presiden Jokowi dan relawannya sudah ugal-ugalan. "Suka-suka ugal-ugalan," tulisnya di akun Twitter @YanHarahap sambil menyertakan tampilan berita soal pelarangan penggunaan GBK untuk konser dan pertemuan lainnya karena disiapkan untuk Piala Dunia U20.

Sebelumnya, lewat Menpora Zainudin Amali, GBK disebut tak boleh digunakan untuk kegiatan apapun enam bulan sebelum Piala Dunia U-20 2023. Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 sampai dilarang tampil di GBK.

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada Mei-Juni tahun depan. Dengan kata lain pada November ini seharusnya sudah tidak bisa digunakan jika memakai ketetapan dari Kemenpora.

Pada 10 November lalu, setelah pengelola GBK datang ke kantornya, Amali mengatakan GBK tak boleh digunakan untuk kegiatan apapun sebelum Piala Dunia. Jika tetap digunakan ia akan lepas tangan.

"Iya [tergantung shoppingmode FIFA untuk Piala AFF dan lainnya]. Kalau ditanya ke saya, karena saya menjamin itu, maka tidak. Jika shoppingmode FIFA mengatakan 'oh, iya silakan', tetapi saya tidak menjamin lagi," kata Amali.***