SIAK SRI INDRAPURA - Halalbihalal Pemerintah Kabupaten Siak dengan masyarakat di Bulan Syawal sudah menjadi agenda rutin tahunan. Dikarenakan cuaca hujan, kegiatan silaturrahmi dengan masyarakat ini mayoritas dihadiri oleh pegawai di lingkup Pemkab Siak.

Sejak pukul 8.30 WIB, sebagian wilayah di Kabupaten Siak sudah hujan, hal ini diduga menjadi halangan bagi masyarakat untuk bersilaturahmi dengan Bupati serta Forkopimda Kabupaten Siak, Selasa (18/6/2019) di lapangan Tengku Mahratu, Tepian Bandar Sungai Jantan.

Mewakili masyarakat Siak, Majelis Kerapatan Adat Melayu Riau Kabupaten Siak, Muhammad Nazir Katan dalam elu-eluannya juga menyampaikan niat baik Pemkab Siak untuk menggelar acara halalbihalal dengan masyarakat. 

"Tradisi di bulan Syawal ini memang sudah ada sejak dahulu zaman Sultan Siak yang kemudian dilanjutkan oleh pemimpin di Kabupaten Siak. Semoga kedepannya, silaturrahmi masyarakat dengan Pemkab Siak terus terjalin dengan baik," kata Tokoh Masyarakat Siak ini. 

Hujan yang terus turun dengan deras ternyata tidak menghentikan acara yang sudah dibuat khusus untuk masyarakat tersebut. Bahkan Bupati Siak, Drs H Alfedri tetap semangat menyampaikan secara detail program-program yang akan dijalankan di lingkup Pemkab Siak. 

Dia juga pada kesempatan itu dengan tegas menyampaikan akan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mengajak seluruh Pegawai di Pemkab Siak untuk mencintai dan menggunakan produk pelaku UMKM. 

"Contohnya penjahit, baju dinas yang dipakai pegawai termasuk saya sendiri harus dijahit di Siak oleh penjahit asal Siak juga. Ini tentu akan membantu ekonomi penjahit yang ada di kabupaten Siak, begitu juga dengan acara diklat dan lainnya. Alangkah baiknya jika dilaksanakan di Siak, tidak di Pekanbaru," sebut Bupati lagi. 

Sebelum acara ditutup dengan saling bersalaman, Ustad Zulhendri yang didatangkan dari Pekanbaru menyampaikan tausiyah. Ia juga menyinggung soal berkah hujan yang turun saat acara berlangsung. ***