TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama para asisten dan seluruh Komandan Bukit Barisan mengunjungi Desa Saka Rotan, Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (12/3/2015).


Kedatangan Jendral bintang 4 ini didampingi oleh Plt Gubri, Arsyadjuliandy Rahman, Panglima Daerah Militer Bukit Barisan, Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Dandrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI Prihardi Agus Irianto, Kapolda Riau, Brigjen Dolly Bambang Hermawan.


Menggunakan Helychopter TNI AD, kedatangan Kasad dan rombongan ini disambut oleh Bupati Inhil, HM Wardan, unsur Forkopimda Inhil serta dimeriahkan dengan penampilan pencak silat, rebana dan nyanyian dari siswa siswi di Kecamatan Teluk Belengkong.


Gubernur Riau, dalam sambutannya, Plt Gubri, Arsyadjuliandi Rahman mengungkapkan kebutuhan masyarakat Inhil kususnya Kecamatan Teluk Belengkong adalah aliran listrik.


''Mudah-mudahan pembangunan micro hydro ini bisa menjawab kebutuhan masyakarat Belengkong,'' ujar Plt Gubri.


Sementara itu, Kasad TNI AD, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan kedatangannya beserta istri ke Belengkong ini adalah sebuah hadiah yang luar biasa, karena dapat bertemu dengan masyarakat yang ramah meskipun hanya mendapatkan aliran listrik hanya 4 sampai 5 jam sehari.


Ia juga mengatakan, pembangunan kincir air pembangkit listrik ini adalah yang pertama di Provinsi Riau.


''Ini bisa ditiru, jika daerah lain di Riau ingin membangun juga bisa minta bantu dengan TNI. Gratis, tidak perlu bayar,'' ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.


Ia juga meminta Camat Belengkong untuk mengkoordinir masyarakat agar belajar mengawasi kincir angin ini, sehingga jika ada kerusakan dapat diperbaiki oleh masyarakat sendiri.


''Dengan dibangunnya pembangkit listrik ini, saya harap masyarakat bisa mendapatkan penerangan, anak-anak sekolah juga lebih rajin belajar dan mengaji,'' harap Kasad TNI AD.(ayu)