PEKANBARU - Persatuan Badminton (PB) Beringin Indah melanjutkan tradisi pertandingan di GOR Beringin Indah yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1989, dimana pada tahun tersebut berbarengan dengan selesainya pembangunan GOR.

Namun, tradisi pertandingan badminton sebagai ajang meningkat kualitas tarung ini sempat vakum pada tahun 2015-2019, dan kemudian dihidupkan kembali pada Oktober 2020.

Ketua panitia pelaksana, Raja Meta mengatakan, dulu tradisi pertandingan badminton memakai sistem turnamen, namun untuk tahun ini dinaikkan menjadi liga, supaya kualitas pertarungan lebih kuat.

"Jadi, setiap pemain bakal jumpa dan di hitung berdasarkan poin serta kemenangannya," katanya, Jumat malam (2/7/2021).

Liga Badminton ini terbagi atas dua liga, yakni Liga A dan Liga B. Liga A adalah mereka-mereka yang secara kualitas dan mental sudah cukup mumpuni, sementara Liga B merupakan pemain-pemain baru dan tentunya kualitas pemain dibawah Liga A.

Raja menambahkan, pihaknya sangat menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam pelaksanaan liga ini, dimana semua peserta wajib memiliki surat vaksin, sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Liga dimulai 2 Juli dan puncaknya nanti di 17 agustus, jika PPKM berakhir, kami dari PB Beringin Indah akan melakukan tour ke luar Riau pada awal september 2021 mendatang," katanya.

Dalam pembukaan liga ini, panitia juga mengundang Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan. Diundangnya Parisman, diharapkan bisa memberi motivasi kepada para peserta sebelum bertanding.

"Selama ini tak pernah ada tokoh pejabat yang hadir disini, tapi kali ini kita kedatangan Anggota DPRD Riau, Ketua Komisi pula, jadi kami sangat bangga dengan kehadiran bapak Iwan Fatah, Petarung," kata salah seorang tokoh masyarakat, Marhendri.

Sementara itu, Parisman Ihwan yang diminta membuka pertandingan berharap semua pemain bisa bertanding dengan sportif dan semangat yang tinggi. Bahkan, dia berharap ada bibit-bibit atlet yang bisa lahir di PB Beringin Indah.

"Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, 'Mens sana in corpore sano', jadi selamat bertanding kepada semua peserta," kata Parisman usai memukul kok sebagai tanda dimulainya liga.

Hadir dalam pembukaan liga tersebut Ketua PB Beringin Indah, Rasyid, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, Tokoh Masyarakat setempat seperti Marhendri, Darjo Kenedi, dan Dedi Supriyadi. ***