BENGKALIS –Pelaksana Tuga Harian (Plh) Bupati Bengkalis, Bustami HY  mengharapkan  5 hal kepada  Forum CSR pasca diaktifkannya kembali setelah 5 tahun vakum. Ke-5 hal ini disampaikan saat kegiatan Relaunching dan Focus Group Discussion (FGD) Forum  CSR di ruang rapat Zahari Kantor Bappeda, Senin (6/7/2020).

Adapun harapan Plh Bupati yang disampaikan dalam kegiatan secara virtual ini adalah; pertama, momen ini hedaknya menjadi titik awal aktif dan beraktifitasnya kembali Forum CSR Kabupaten bengkalis. “Yang paling penting tentu bukan forumnya, melainkan program dari perusahaan karena percuma kalau forumnya saja yang aktif tapi programnya malah minim,” ujar Bustami.

Kedua, Forum CSR diharapkan secara kontinyu melakukan aktivitas untuk mendorong sinergisitas antara program perusahaan dengan program pemerintah kabupaten bengkalis. Ketiga, kepada perusahaan diharapkan untuk dapat berperan maksimal melalui dana CSR-nya dalam mendukung program daerah terutama yang berkaitan dengan sosial, ekonomi dan kemasyarakatan apalagi bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Keempat, dukungan seluruh pemangku kepentingan sesuai peran dan fungsinya masing-masing tentu kita harapkan dalam upaya mengoptimalkan pelaksanaan agenda-agenda ke depan,” kata Bustami.

Kelima, Bustami mengharapkan pembinaan secara kelembagaan diharapkan juga dari Pemerintah Provinsi Riau karena memang seluruh perusahan yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis merupakan bagian dari Forum CSR Provinsi Riau, di bawah koordinasi Bappeda Provinsi Riau.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Bengkalis Hadi Prasetyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Forum CSR Kabupaten Bengkalis sebenarnya sudah pernah dibentuk tahun 2011. Saat itu beranggotakan perusahaan aktif meliputi 16 perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis. Banyak agenda yang telah dilakukan, namun seiring dengan persoalan regulasi daerah terutama berkaitan kewenangan dan hal-hal lainnya, Forum CSR sejak 2015 hingga 2019 mengalami kevakuman.

Usai kegiatan relaunching Forum CSR, dilanjutkan dengan  FGD menghadirkan narasumber dari Bappedalitbang Provinsi Riau diwakili Sekretaris Purnama Irwansyah. Kemudian CSR & Corporate Communication Senior Manager  PT Mifa Bersaudara  Aceh, Azizon Nurza yang juga  anak watan Riau.***