NEW DELHI – Gopichand (75) dan istrinya, Chandravati Devi (70), tengah berbahagia. Sebab, pasangan yang sudah 54 tahun menikah ini baru saja dikaruniai anak pertama.

Dikutip dari Kompas.com, suami-istri dari negara bagian Rajasthan di India ini mencatat sejarah sebagai salah satu pasangan tertua di dunia yang memiliki bayi.

Gopichand dan Chandravati Devi telah lama berusaha untuk bisa memiliki bayi. Bertahun-tahun mereka mengunjungi banyak rumah sakit dan klinik, menjalani berbagai perawatan atau prosedur, tetapi tidak ada yang berhasil.

Sekitar dua tahun yang lalu, Gopichand mendatangi klinik in vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung di Alwar untuk memungkinkan istrinya dapat hamil. 

Singkat cerita, setelah dua kali gagal dalam upaya menjalani prosedur bayi tabung, Chandravati Devi akhirnya hamil.

Dia pada Senin (8/8/2022), Devi melahirkan bayi laki-laki yang sehat.

''Dalam upaya ketiga proses IVF, wanita itu melahirkan seorang anak. Dia membawa kehamilan pada usia yang begitu tua. Dia hamil selama 9 bulan penuh dan kemudian melahirkan dengan sukses setelah itu benar-benar luar biasa,'' kata ahli IVF di India Dr Pankaj Gupta, dikutip dari The New Indian Express.

Gopichand dilaporkan tidak dapat menahan kegembiraan ketika menggendong putranya untuk pertama kalinya.

Mantan tentara yang tertembak di kaki selama perang Bangladesh itu mengatakan kepada wartawan bahwa dia senang bisa mewariskan nama keluarganya, karena dia adalah putra tunggal ayahnya.

Gopichand dan Chandravati Devi telah berusaha untuk memiliki bayi sejak tahun 1968.

''Hanya ada beberapa kasus anak yang lahir pada usia (pasangan) ini (tua) di seluruh negeri. Ini mungkin kasus pertama Rajasthan ketika seorang pria berusia 75 tahun dan wanita berusia 70 tahun memiliki seorang anak,'' kata Dr. Gupta.

Menariknya, Gopichand dan Chandravati Devi mungkin menjadi warga berusia lanjut terakhir di India yang menjadi orang tua melalui IVF.

Pasalnya, undang-undang baru di India yang mulai berlaku pada bulan Juli 2022 melarang pusat infertilitas IVF untuk memberikan perawatan kepada wanita dan pria di atas usia 50 tahun.

Mereka mungkin beruntung telah mengandung bayi sebelum hukum mulai berlaku.

Di Inggris, NHS merekomendasikan bahwa IVF harus ditawarkan kepada wanita di bawah usia 43 tahun yang telah mencoba untuk hamil melalui hubungan seks tanpa kondom selama lebih dari dua tahun.***